Lovebird Blorok, Burung Kicau Berwarna Unik Dengan Harga Termahal

LovebirdLovebird

Lovebird merupakan salah satu yang sering dipelihara oleh pecinta . Pasalnya burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan memiliki keunikan pada fisik dan sifat yang dimiliki. Dulu, Lovebird tidak terlalu digemari karena burung ini tidak dilombakan dan hanya sebagai burung hias. Namun, seiring berjalannya waktu dan , ternyata burung ini mampu bertindak sebagai burung master atau pengisi suara burung kicauan lainnya.

Lovebird sendiri termasuk dalam spesies burung pengicau yang berasal dari Afrika. Burung ini memiliki paruh yang bengkok dan termasuk dalam Psittaciade genus agapornis. Karakter yang paling melekat pada jenis burung Lovebird adalah warnanya yang indah dan sifatnya yang monogami dengan satu pasangan.

Banyak pengusaha yang telah mendulang sukses dari bisnis Lovebird ini, salah satunya adalah Agus Prawoto dari Magelang. Di rumahnya, terdapat setidaknya 105 indukan Lovebird dari berbagai jenis dan sebagian besar merupakan burung yang layak dilombakan. Hingga saat ini, burung hasil tangkarannya sudah menembus di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Tengah, sebagian kota di Jawa Barat, Banten, DKI , bahkan sampai Sumatera.

“Kemarin baru saja mengirim 30 ekor Lovebird ke Jambi. Sebelumnya, saya juga mengirim 40 ekor ke Lampung,” ujarnya.

Salah satu jenis burung Lovebird yang tergolong unik, bulu indah dan memiliki jual termahal adalah Lovebird Blorok. Disebut blorok karena memiliki corak warna bulu blorok yang tidak selalu dominan dengan salah satu warna tertentu. Jenis Lovebird blorok dianggap sangat berbeda dibanding dengan jenis Lovebird Parblue, Dakocan, Biola, Batman, Lutino, dan lainnya.

Untuk menghasilkan Lovebird Blorok dapat dilakukan dengan jalur perkawinan antara dua jenis Lovebird yang memiliki warna bulu berbeda, contohnya Lovebird hijau standar dikawinkan dengan Lovebird pastel kuning maka anaknya akan mewarisi warna pastel hijau. Warna yang dihasilkan melalui proses perkawinan tadi tentunya akan berbeda-beda, tergantung dari kombinasi yang dilakukan. Dari kombinasi inilah nantinya akan dihasilkan warna kombinasi blorok yang langka.

Burung Lovebird Blorok mempunyai ciri khasnya sendiri jika dibandingkan dengan Lovebird lainnya. Ciri-ciri dari Lovebird Blorok ini dapat dilihat dari warnanya, pada bagian sayap dan punggungnya memiliki kombinasi warna yang berbeda. Contohnya ada beberapa jenis Lovebird Blorok seperti green series atau blue series.

Mahalnya harga jual burung Lovebird Blorok di pasaran, sepertinya bukan tanpa alasan. Selain karena keunikan dan keindahan warnanya, tak sedikit para yang juga merasa lelah membudidayakannya. Karena ketika mengawinkan silang harus dengan kesulitan dan kesabaran yang tinggi. Warna blorok ini dihasilkan dengan Lovebird galur murni, jadi memang dianggap sangat susah dijumpai di pasaran burung karena minimnya stok yang tersedia di Tanah Air.

Dengan perkawinan silang antar 4 pasang Lovebird, dengan pembagian 2 pasang Lovebird warna hijau dan 2 pasang Lovebird warna kuning akan menghasilkan Lovebird Blorok dengan harga yang cukup mahal. Anakan Lovebird Blorok termahal ada di kisaran harga Rp1.000.000 sampai Rp1.250.000, sementara untuk Lovebird Blorok Dewasa (siap produksi) bisa mencapai Rp1,5 jutaan hingga Rp2jutaan. Harga Lovebird Blorok di tiap daerah bisa saja berbeda-beda tergantung dari penjualnya.

Loading...