Limbah Kaya Manfaat, Berapa Harga Molase per Liter?

molase atau limbah hasil pengolahan gula tebuMolase atau limbah hasil pengolahan gula tebu - www.pertanianku.com

JAKARTA – Siapa bilang limbah tidak memiliki bagi manusia? Molase misalnya, yang ternyata dapat berfungsi sebagai pupuk cair, ampuh untuk mengusir nyamuk, hingga sebagai lulur. Di pasaran sendiri, tidak sulit mendapatkan limbah hasil tebu, dengan per liter yang cukup terjangkau di kantong.

Jika Anda menelusuri berbagai situs online, sudah banyak pedagang yang menawarkan molase atau limbah hasil pengolahan gula tebu. Satu botol molase kemasan satu liter sekarang dengan harga mulai R10 ribu hingga Rp16 ribuan. Sementara, apabila Anda membeli satu jerigen (20 liter), harganya sekitar Rp60 ribu hingga Rp70 ribuan.

Molase sendiri memiliki banyak manfaat. Selain sering digunakan sebagai campuran pupuk cair, limbah ini ternyata juga menjadi bahan yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Hal tersebut sudah dibuktikan tiga mahasiswa asal Universitas Tidar, Magelang, dalam sebuah pada tahun 2018 kemarin. Molase, setelah difermentasi dengan ragi roti, dikatakan bisa sebagai obat nyamuk alami.

“Molase saat ini kebanyakan hanya dimanfaatkan sebagai campuran pupuk cair. Kemudian, kami berpikir memanfaatkan molase ini untuk kegunaan yang lain,” ujar Imam Badrus Soleh, salah seorang mahasiswa dari jurusan Agroteknologi. “Lalu, kami temukan bahwa fermentasi molase dan ragi roti dapat digunakan sebagai antraktan (penarik) nyamuk. Hasil fermentasi dimasukkan ke alat perangkat sederhana dari botol plastik dan ditempatkan di pojok-pojok ruangan.”

Imam menambahkan, produk yang dibuatnya ini tidak hanya mengusir nyamuk seperti produk yang sudah ada di pasaran. Akan tetapi, juga dapat memerangkap dan akhirnya nyamuk mati di dalam perangkap tersebut. “Setelah selesai uji coba, kami temukan dalam satu botol fermentasi molase ini berhasil memerangkap rata-rata 17-20 nyamuk,” sambung Imam.

Fungsi lain, menurut laporan Intisari, molase yang dicampurkan dengan bit dikatakan sanggup dipakai sebagai obat tradisional untuk kista ovarium. Bit dapat efektif dalam pencegahan dan pengobatan kista ovarium berkat sifat pigmennya dengan komponen antioksidan serta anti-inflamasi. Sementara, molase kaya akan kalsium, seng, zat besi dan kalium, serta vitamin B, terutama B6.

Loading...