Legal & Kantongi Izin Resmi, Ini Daftar Harga Senjata Api Perbakin

Senjata Api Perbakin - www.viva.co.idSenjata Api Perbakin - www.viva.co.id

Kepemilikan senjata api (senpi) di Indonesia seperti jenis pistol atau senapan laras panjang memang diatur sangat ketat demi melindungi dan keselamatan . Selain aparat yang berwenang, sipil pun ternyata juga boleh memiliki senjata api. Akan tetapi, pengurusan izin kepemilikan senjata api di Polda dan Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) ini cukup rumit. Tak heran senjata-senjata legal dari Perbakin biasanya dijual dengan yang cukup .

“Setelah sudah terdaftar sebagai Perbakin kemudian mengajukan selanjutnya di Polda untuk diproses selanjutnya,” kata Staf Adiministrasi Subdit 4 Pengawasan Senjata Api dan Peledak (Wasendak) Aiptu Sahardi, di Mapolda Metro Jaya, seperti dilansir Merdeka.

Usai memperoleh rekomendasi dari Polda, surat tersebut bisa dibawa ke Mabes Polri untuk memperoleh surat izin kepemilikan senjata api. “Dan selama senjata tidak digunakan, tidak diperkenankan untuk dibawa-bawa atau transaksi lainnya. Senjata disimpan di gudang Perbakin atau Polda. Dalam hal ini apabila ada proses hibah senjata, senjata tersebut harus tetap di gudang jika tidak digunakan,” kata Sahardi.

Lebih lanjut Sahardi menjelaskan bahwa pengurusan kepemilikan senjata api laras pendek untuk membela diri cenderung lebih sulit dan tak sembarangan masyarakat awam bisa memilikinya. “Senjata pendek bisa dibawa kemana-mana dan untuk mengurusnya cukup sulit. Harus ada tes psikologi, tes menembak, kesehatan dan lainnya yang diadakan di Polda. Kemudian setelah dianggap layak untuk memiliki senjata barulah surat rekomendasi dari pemohon diajukan ke mabes Polri,” jelasnya.

Selain itu, ada kriteria usia bagi pemohon untuk mengajukan izin kepemilikan senjata api. “Batas minimum 18 tahun dan maksimum 65 tahun,” tandas Sahardi.

Di pasaran ada beberapa jenis senjata yang diperjual-belikan secara legal karena telah mengantongi izin resmi dari Perbakin, misalnya saja pistol Smith & Wesson S&W MP Shield 9mm yang dijual seharga Rp 14 jutaan, kemudian ada pistol Ruger GP100 357 dengan harga Rp 13,7 jutaan, dan senapan laras panjang untuk berburu merek Browning Cynergy 20ga 26 seharga Rp 19,7 jutaan.

Mengurus izin kepemilikan senjata api (senpi) resmi biasanya dikenai yang bervariasi untuk masa berlaku 5 tahun, tergantung dari peruntukan senjata api yang hendak dibeli. Sebagai contoh, pengurusan izin penggunaan untuk olahraga, tembak reaksi, target, atau berburu dikenai tarif sekitar Rp 5 jutaan per surat izin. Jika keperluannya hanya sebagai koleksi buku pas serta mengantongi izin untuk menyimpan, yang dikenakan lebih murah, sekitar Rp 3 jutaan.

Namun izin kepemilikan senpi untuk keperluan bela diri, harganya pengurusannya lebih mahal sekitar Rp 10 jutaan, karena pemohon nantinya juga akan mengantongi buku pas serta izin penggunaan secara legal dari Perbakin.

Loading...