Lebih Terjangkau, Berikut Harga Joran Pancing Laut Bekas

Ilustrasi : Seseorang sedang memancing ikan di kolam pemancinganIlustrasi : Seseorang sedang memancing ikan di kolam pemancingan

JAKARTA – Jika Anda memancing, entah itu di sungai, kolam pemancingan, atau , Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan joran. Ini adalah perlengkapan atau batang yang sangat penting untuk kegiatan memancing. Jika produk baru masih memberatkan Anda, maka memilih joran dengan harga lebih terjangkau bisa menjadi solusi yang menarik.

Tidak sulit mendapatkan joran bekas karena batang pancing ini sudah dijual bebas di . Untuk memancing di laut, joran merek Centro misalnya, harga bekasnya sekarang berkisar Rp300 ribuan, sedangkan produk bekas Amber Jack PE Max 4 sekarang dijual dengan harga Rp700 ribuan. Sementara, joran Maguro Adventure bekas sekarang dilepas di kisaran harga Rp1,65 jutaan.

Dilansir dari Covesia.com, memilih joran pancing memang tidak selalu harus yang mahal. Yang paling penting adalah yang cocok dengan target dan memancing Anda. Joran untuk jigging pasti tidak sama dengan joran untuk fly fishing, demikian juga memancing di air laut tidak sama dengan memancing di tambak atau kolam air tawar.

“Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih joran pancing, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti joran patah, senar terurai dan terbelit, tidak nyaman saat melemparkan umpan, hingga tidak bisa fight dengan sempurna ketika ikan menyambar ikan,” tulis Covesia.com. “Perlu juga mengetahui jenis dari joran yang bersangkutan.”

Jika kebetulan Anda hendak memancing di laut, lebih baik Anda memilih joran yang biasa tergabung dengan reel di dalamnya. Tetapi, jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa mencari reel secara terpisah. Pasalnya, laut membutuhkan senar atau benang pancing yang sangat panjang, berbeda dengan memancing di sungai.

“Apabila memilih joran dengan tempat senar (benang pancing) sebagai jalannya benang pancing dari reel, pilihlah yang mempunyai dasar berlapis keramik,” sambung situs tersebut. “Karena, jika terjadi gesekan pada saat terjadi fight, kemungkinan tali pancing atau senar putus akan lebih berkurang. Ini berbeda dengan cincin tali pancing dari besi atau logam lainnya.”

Loading...