Lebih Ramah Lingkungan, Harga Freon R32 Mulai Ratusan Ribu Rupiah

Harga Freon R32

Freon R32 merupakan yang sering digunakan sebagai bahan atau isi AC-AC ternama, seperti Panasonic dan Sharp. Pasalnya, freon atau refrigerant jenis tersebut dinilai sebagai yang bebas dari Hydro Chloro Fluoro Carbon (HCFC) sehingga diklaim lebih aman terhadap . freon R32 di sendiri bervariasi, tergantung mereknya.

Mulai bulan Januari 2015 lalu, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) memang telah menghimbau kepada pelaku industri untuk tidak lagi menggunakan bahan perusak ozon, yaitu Hydro Chloro Fluoro Carbon. Hal tersebut terkait upaya untuk mengendalikan lingkungan dan mengurangi aktivitas perusakan ozon, khususnya dari produk-produk elektronik seperti AC dan lemari es.

Atas kebijakan tersebut, kalangan pelaku industri harus menggunakan BPO non-CFC berjenis R32 dari sebelumnya R22 maksimal pada 31 Desember 2014. Kewajiban penggunaan non-CFC tersebut diikuti oleh kebijakan baru larangan penggunaan HCFC mulai Januari tahun 2015. “Sesuai kesepakatan Konvensi Wina, Protokol Montreal, dan Amandemen London, Indonesia harus memulai penghapusan konsumsi HCFC,” ujar Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim KLH, Arief Yuwono.

Nah, mengikuti anjuran tersebut, pada bulan Januari 2015, Panasonic kemudian meluncurkan beragam AC yang telah menggunakan freon R32 dan juga freon R410A. Teknologi ini diklaim mampu mengurangi potensi penipisan lapisan ozon hingga nol. “Panasonic merupakan pertama yang memproduksi AC berteknologi R32 di Indonesia,” klaim Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia, Hiroyoshi Suga, kala itu.

Freon R32 sendiri memang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan freon R410A sekalipun karena memiliki Global Warming Potential yang lebih rendah. Di samping itu, freon jenis ini juga disebutkan memiliki angka index dingin yang jauh lebih tinggi, sehingga tidak ada lagi komplain bahwa memakai AC inverter menjadi lebih tidak dingin.

Di pasaran lokal, terutama di online, sudah banyak ditemukan pedagang yang menawarkan freon R32. Freon R32 merek Pure 32 dengan berat 10 kg misalnya, sekarang dipasarkan dengan harga sekitar Rp1.100.000. Sementara, freon R32 merek Daikin dengan berat 3 kg, saat ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp500.000.

Loading...