Lebih Praktis, Harga Isi Ulang Tabung Oksigen Rp20 Ribuan

Harga Isi Ulang Tabung Oksigen

Tabung oksigen merupakan bantu yang bisa digunakan ketika seseorang mengalami kesulitan bernapas atau sesak napas karena kondisi tertentu. Nah, tabung oksigen ini selain bisa dibeli dalam bentuk utuh, juga disediakan layanan isi ulang dengan murah. Jadi, Anda cukup membayar dengan yang relatif terjangkau untuk memenuhi kebutuhan oksigen di rumah Anda.

Menurut Alodokter.com, kelebihan yang dimiliik oleh tabung oksigen adalah lebih praktis daripada konsentrator oksigen yang berupa . Penyimpanan oksigen di dalam bentuk tabung juga dapat dibawa ke rumah pasien yang membutuhkan. “Bahkan, tabung dengan ukuran yang lebih kecil bisa dibawa saat pasien yang membutuhkan bantuan terpaksa harus bepergian,” tulis laman tersebut.

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang menghirup oksigen langsung dari wadah khusus seperti tabung oksigen ini. Salah satunya adalah hipoksia, yaitu kondisi ketika kadar oksigen di dalam darah begitu rendah. Kondisi ini sendiri bisa ditandai dengan sesak napas dan kelelahan, terutama sesudah berjalan atau batu. Gejala lainnya adalah bibir berwarna biru dan munculnya cairan di pergelangan kaki.

Saat ini, sudah banyak alat kesehatan yang menjual tabung oksigen dalam berbagai ukuran. Tabung oksigen dengan kapasitas 1 meter kubik plus regulator saat ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp550 ribuan hingga Rp675 ribuan, atau Rp40 ribuan untuk tabung oksigen portable sekali pakai. Namun, jika Anda sudah mempunyai tabungnya, Anda cukup mengisi ulang oksigen dengan biaya berkisar Rp20 ribu hingga Rp30 ribuan.

Tetapi, yang perlu diingat, tidak disarankan memberikan oksigen pada pasien serangan jantung karena diketahui malah membahayakan pasien. Hasil penelitian yang dirilis dalam Konferensi Jantung Amerika di Chicago pada tahun 2014 lalu menyebutkan bahwa memberikan oksigen pada seseorang yang menderita serangan jantung ternyata tidak memberikan manfaat, dan bahkan pada beberapa kasus malah menyebabkan kerusakan pada otot jantung.

“Oksigen mempersempit arteri koroner dan mengurangi aliran darah ke jantung sehingga dapat mempercepat jumlah peradangan dan stres terhadap jaringan jantung,” ujar rekan peneliti dan juga paramedis Ambulan Victoria, Ziad Nehme. “Sebelumnya, kebanyakan orang diajarkan dalam pelatihan yang mereka jalani, oksigen bermanfaat banyak bagi semua orang dan tidak membahayakan.”

Loading...