Lebih Praktis dan Hemat Listrik, Ini Harga Penampung (Tandon) Air di Pasaran

Harga, penampung, air, tandon, toren, merek, merk, Penguin, Profil Tank, Profil88, liter, volume, ukuran, Tirta, stainless, plastik,Ilustrasi: Tandon penampung air (studiobiru.wordpress.com)

Penampung atau tandon (toren) termasuk salah satu elemen penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Benda dengan besar dan berbentuk tabung ini dalam fungsinya adalah untuk menampung air terlebih dahulu sebelum digunakan. Penggunaan tandon air dirasa lebih praktis dan hemat listrik jika dibandingkan dengan harus menyalakan pompa air terlebih dahulu.

Mulanya membuat bak kolam kecil untuk menampung air bersih, namun cara tersebut saat ini mulai ditinggalkan karena ada cara yang lebih praktis dan cepat dalam pembuatannya, yakni dengan menggunakan tangki air. Alat ini mampu menampung hingga ratusan liter air bersih.

Jika dibandingkan dengan jenis penampung air lainnya, tangki air ini memiliki kelebihan yakni bisa dengan mudah dipindahkan sesuai dengan keinginan. Berbeda dengan cara lama melalui bak air yang tentu saja tidak praktis karena dibuat secara permanen di satu titik. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini juga tersedia jenis tangki air yang bisa diisi secara otomatis saat kekurangan pasokan air, dan pompa air akan mati dengan sendirinya apabila air sudah penuh.

Di pasaran, toren air ini dibuat dari beberapa bahan, mulai dari alumunium, plastik, PE, dan stainless steel. Beberapa jenis tangki air tersebut tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Namun umumnya akan memilih tangki air berdasarkan bentuknya yang sederhana dan mudah dibersihkan.

Untuk kebutuhan , konsumen akan lebih memilih penampung air dari bahan plastik karena lebih ringan dan harganya lebih terjangkau. Sementara pada beberapa jenis biasanya memilih untuk menggunakan toren air berbahan alumunium yang dipastikan lebih kuat dan sulit pecah, namun banderol harganya tentu lebih mahal daripada jenis plastik dan lainnya.

Dengan tersedianya tempat penampung air ini, maka bisa dikatakan bahwa persediaan air akan selalu aman terkendali. Apabila sewaktu-waktu sumber air tidak berjalan semestinya, Anda tetap mempunyai cadangan air yang dapat digunakan. Atau pada saat listrik padam, jika menggunakan air yang berasal dari sumur maka pompa air tidak dapat dinyalakan. Dengan begitu tentu saja tidak dapat mengalirkan air saat Anda membutuhkannya. Akan tetapi jika terdapat penampung air, sambil menunggu pompa air dapat difungsikan kembali maka persediaan air akan tetap ada.

Ada beberapa penampung air terkemuka yang biasanya dipilih oleh konsumen, seperti Penguin, Tirta, Profil Tank, hingga Profil88. dari merk-merk tersebut beragam, tergantung kualitas dan volume (daya tampung air). Misalnya merk Penguin TB25 dengan ukuran 225 liter dijual di pasaran dengan Rp450.000, sementara untuk ukuran 2000 liter dengan yang lebih mahal hingga Rp2 jutaan. Merek lainnya seperti Profil Tank 250 liter dijual Rp530.000, dan ukuran 29.000 liter dihargai hingga Rp53 jutaan.

Marga Derby, Store Supervisor Graha Bangunan menyampaikan, tangki air stainless steel Profil Tank dan Penguin lebih cocok digunakan untuk rumah, tempat ibadah, perkantoran, tempat olahraga dan bangunan publik yang di dalamnya terdapat fasilitas seperti kamar mandi/toilet atau apa pun itu yang membutuhkan air. “Tangki air ini awet, bebas lumut selamanya dan anti bocor. Pengurasan juga lebih cepat dan mudah karena memiliki lubang tutup di bawah tangki,” jelasnya melalui Jatimtimes.

Loading...