Lebih Praktis, Biaya Memperpanjang SIM C Online Cuma Rp75 Ribu

SIM C - jogja.pojoksatu.idSIM C - jogja.pojoksatu.id

Untuk semakin memudahkan yang ingin membuat atau memperpanjang , termasuk C, kini pihak Kepolisian Republik (Polri) telah meluncurkan pembuatan SIM secara . Selain cukup terjangkau dan tidak perlu antre terlalu lama, SIM online juga menerima pemohon dari luar domisili yang tercantum di KTP.

ini mempermudah masyarakat dalam membuat atau memperpanjang SIM di seluruh Indonesia,” ujar Kepala Polresta Bogor, Ulung Sampurna Jaya. “Maksudnya, masyarakat dari luar Kota Bogor bisa membuat SIM di Polresta Bogor. Dalam sehari, pihak kami bisa mencetak hingga tiga ratus keping SIM.”

layanan SIM online yang tergolong mudah memang telah dirasakan langsung oleh masyarakat. Noor Hindarno misalnya, pria berusia 32 tahun yang baru saja mengurus perpanjangan SIM A dan SIM C di Semarang meski ia berdomisili di Kabupaten Kudus. “Saya tidak perlu kembali lagi ke Kudus untuk perpanjang SIM. Jadi, lebih hemat waktu dan biaya,” ujar pegawai swasta tersebut.

Untuk pemilik SIM yang ingin memperpanjang masa berlakunya, dapat dilakukan minimal 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis. Biaya perpanjangan untuk SIM C adalah sebesar Rp75.000, ditambah dengan biaya asuransi sebesar Rp50.000 dan biaya kesehatan sebesar Rp40.000. Namun, jika pemilik  SIM sudah mengantongi surat keterangan sehat dari dokter, maka tidak akan dikenakan biaya kesehatan.

“Untuk persyaratan pembuatan maupun perpanjangan SIM, yang penting ada e-KTP (KTP elektronik) pemilik SIM, dan kalaupun masih memakai KTP sementara, tidak ada masalah asalkan pemohon sudah melakukan perekaman di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil domisili asli,” jelas Kasat Lantas Polresta Palembang, Kompol Yudha Widyatama. “Untuk atau biaya, tidak ada kenaikan atau penurunan, tetap Rp100 ribu untuk pembuatan SIM C dan Rp75 ribu untuk perpanjangan SIM C.”

Prosedur perpanjang SIM C online cukup mudah karena hampir sama seperti sistem sebelumnya. Pemohon perlu mendaftarkan diri di situs http://sim.korlantas.polri.go.id/, dengan mengklik menu ‘Pendaftaran SIM Online’, lalu klik ‘Lanjut’. Pemohon tinggal mengisi formulir ‘Data Permohonan’ secara lengkap dan juga data-data lain yang dibutuhkan. Setelah seluruh informasi diisi dengan benar, pemohon menentukan tanggal datang, lalu klik ‘Kirim’.

Nantinya, akan muncul halaman konfirmasi registrasi online yang telah berhasil dibuat. Bukti registrasi online tersebut akan muncul di email pemohon. Usai melakukan pendaftaran online, pemohon tinggal melakukan pembayaran biaya yang ditagihkan untuk perpanjangan SIM melalui ATM, EDC, atau teller di seluruh lokasi BRI.

Loading...