Lebih Murah Pakai Fitur ‘Manage My Booking’, Ini Harga Kelebihan Bagasi AirAsia Per Kg 2017

Bagasi Air AsiaBagasi Air Asia

Harga kelebihan bagasi pesawat biasanya dihitung berdasarkan jarak atau tujuan . Semakin dekat jaraknya maka harga kelebihan bagasi pesawat akan semakin murah.

Khusus untuk Air Asia, memperbolehkan penumpangnya untuk membawa satu tas koper kabin dengan dimensi yang tidak lebih dari panjang 56 cm x lebar 36 cm x tinggi 23 cm. Selain itu, penumpang juga bisa membawa satu tas laptop, tas tangan, ransel, atau tas kecil lainnya dan ukurannya tidak lebih dari 40 x 30 x 10 cm. Serta harus muat untuk diletakkan di bawah kursi di depan penumpang. Berat kedua tas/koper dan tas kecil tersebut tidak boleh melebihi 7 kg.

Jatah bagasi kabin tersebut hanya berlaku untuk penumpang dewasa, alias bayi berumur kurang dari 2 tahun tidak mendapatkan jatah bagasi kabin. Segala jenis tempat duduk bayi atau kereta bayi tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam pesawat akan tetapi dapat didaftarkan tanpa tambahan.

Tidak seperti maskapai lainnya, disebut-sebut tidak memberikan jatah bagasi check in secara cuma-cuma, kecuali jika penumpang membeli pada kelas Premium Flex. Jika penumpang membeli pada Value Pack (paket hemat), maka diharuskan membeli bagasi secara terpisah atau pada saat melakukan pemesanan dengan biaya tambahan.

Untuk setiap bagasi check-in tersebut, ukuran barang tidak boleh melebihi 319 cm total untuk tinggi, panjang, dan lebar. Beratnya juga tidak boleh melebihi 32 kg. Berat bagasi yang tersedia untuk dibeli sebelum penerbangan adalah mulai 15 kg – 40 kg untuk jenis penerbangan domestik maupun .

Apabila penumpang tidak membeli bagasi terdaftar sebelum penerbangan, ia akan tetap dapat membelinya di konter bandara. Namun hanya bisa membeli bagasi tambahan sampai dengan berat maksimal 15 kg, tentunya dengan harga yang lebih mahal, pasalnya tarif bagasi bandara berlaku.

“Untuk penumpang yang membawa bagasi, konter pendaftaran bagasi tutup 60 menit sebelum waktu keberangkatan untuk semua penerbangan AirAsia dan AirAsia X,” ucap Baskoro Adiwiyono, Head of Corporate Secretary and Communications AirAsia , dilansir dari Tribunnews.

Maka dari itu, AirAsia menganjurkan pelanggan untuk mendaftarkan bagasi lebih awal secara online untuk mendapatkan harga yang terjangkau. Pelanggan bisa menggunakan fitur ‘Manage My Booking’ untuk menambah bagasi hingga 4 jam sebelum waktu keberangkatan di airasia.com atau melalui aplikasi mobile pada Android atau Apple, juga pada situs mobile, di mobile.airasia.com.

Beda maskapai, tentunya beda juga ketentuan harga kelebihan bagasinya. Misalnya untuk maskapai penerbangan Garuda Indonesia, memberlakukan 1,5 persen per kilogram kelebihan bagasi untuk semua rute domestik. Misalnya untuk harga tiket perjalanan domestik sebesar Rp2,4 juta, sementara bagasi lebih 10 kg. Maka jumlah yang harus dibayarkan, kurang lebih sebesar Rp360.000.

Sementara contoh lainnya untuk semua rute domestik, pada tahun 2017 ini, AirAsia memberlakukan Rp117.000 untuk setiap kilogram kelebihan bagasi. Jadi, jika penumpang AirAsia memiliki kelebihan bagasi sebesar 10 kg, harus membayar Rp1.117.000.

 

Loading...