Lebih Murah Dari Varietas Arabica, Harga Kopi Robusta Rp30 Ribuan Per Kilo

Kopi Robusta - (Sumber: kopitop.com)Kopi Robusta - (Sumber: kopitop.com)

Saat ini, tren meminum kopi bukan lagi sebagai penghilang kantuk, melainkan telah menjadi bagian dari gaya hidup. Sehingga permintaan kopi pun semakin melonjak. Dari sekian banyak kopi yang ada di pasaran, kopi memang memiliki penggemar yang tidak sedikit.

Citarasa kopi tidak hanya terbatas pada kata ‘pahit’ saja, karena rasa kopi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan oleh banyak hal, mulai dari jenis atau varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitar, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, rasa kopi tetap memiliki aroma yang berbeda.

Jenis kopi Arabica dan Robusta sendiri adalah varietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi. Namun ternyata tidak sedikit yang belum mengetahui karakteristik dari kedua varietas tersebut.

Pada varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi Robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celcius. kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit. Selain itu, jika dibandingkan dengan Arabica, Robusta memiliki tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7% – 4% sehingga rasanya lebih pahit, dan tingkat keasamannya rendah. kopi Robusta juga lebih karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Meski ada kopi Robusta yang lebih enak, namun sulit ditemui.

“Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen,” kata Iwan Setiawan, salah seorang pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) 2014 dan 2015, seperti dilansir dari Kompas.

Sementara itu, beberapa daerah yang terkenal dengan kopi Robusta di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Untuk harganya sendiri, menurut Nur Gaibita, salah seorang kopi Gayo di Kabupaten Aceh Tengah, mengatakan saat ini harga kopi untuk jenis Arabica dan Robusta yang dijual oleh bervariasi tergantung kualitasnya. Untuk jenis kopi Arabica, dari kualitas standar Rp65 ribuan per kilo, dan kualitas terbaik Rp100.000 per kg.

“Kalau jual yang gelondongan ke pengepul itu harganya Rp35.000/kg, itu belum dikeringkan dan belum dikupas. Sama pedagang dari Jakarta biasanya dipilih-pilih lagi yang merah (tua), yang hijau-hijau dijual lagi lebih murah,” ungkap Nur.

Dari biji kopi Arabica Gayo seharga Rp 100.000/kg tersebut, harganya akan kembali melonjak menjadi Rp 150.000 di Aceh Tengah jika sudah melewati proses roasting. Beberapa pengepul dan pedagang kopi seduh di daerah Gayo juga seringkali mencampur bubuk kopi Arabica dengan Robusta dan dijual seharga Rp 75.000/kg.

Berbeda dengan Arabika, jenis kopi Robusta relatif lebih murah. Harga biji kopi kering dari petani di daerah Lampung saat ini tahun berkisar Rp30.000 per kilo.

Loading...