Lebih Murah & Bisa Dilatih, Berapa Harga Jual Anakan Burung Cucak Ijo?

Anakan Burung Cucak Ijo - www.budidayakenari.comAnakan Burung Cucak Ijo - www.budidayakenari.com

burung hias memang tak pernah mati. Menariknya, burung hias kini bukan hanya dijadikan sekadar hobi atau dilombakan saja, tetapi juga bisa menjadi ladang yang cukup menguntungkan. Tak heran jika anakan atau bakalan dari burung-burung berkicau layaknya cucak ijo cukup banyak diburu, apalagi yang memasang jual relatif murah.

“Yang bikin mahal burung itu karena keunikannya, karakteristiknya. Penampilannya semakin menarik warnanya, ukurannya, terus cuitannya kalau semakin bagus ya semakin mahal. Apalagi untuk yang lebih mahal dari karena jenisnya lebih bagus,” jelas Wandi, salah seorang di Pasar Burung Pramuka, seperti dilansir Kumparan.

Tak hanya karakteristik sang burung saja yang mempengaruhi, rupanya menurut beberapa pecinta burung hias, jika semakin sering seekor burung menang dalam kontes atau perlambangan maka akan semakin harga jual burung tersebut ketika ditawarkan ke penghobi yang lain. “Di kita (kalangan pecinta burung hias) kalau burungnya semakin menang tentu semakin mahal, ada prestisiusnya jadi mahal, seperti kucing, anjing kan semakin dia menang ya semakin mahal,” ucap pecinta burung hias, Ardan.

Selain dapat dipelihara dan dijadikan hiburan, Ardan dan teman-temannya mengaku tidak ragu untuk mengeluarkan banyak uang demi memperoleh 1 ekor jenis burung yang berkualitas baik. Pasalnya burung hias baginya bisa dijadikan investasi selama perawatannya sangat diperhatikan. “Kalau perawatannya bagus tentu burungnya kualitasnya bagus juga, jadi benar-benar disayang, jadi enggak cepat mati kalau bagus kualitasnya kan juga pasti mahal. Bisa jadi investasi kan,” tandasnya.

Sebagai contoh, untuk burung cucak hijau Kalimantan bakalan dijual dengan harga cukup murah, Rp 380 ribuan saja hingga Rp 750 ribuan, kemudian cucak ijo banyuwangi trotol harganya berkisar Rp 800 ribuan hingga Rp 1,2 jutaan, cucak ijo Sumatra anakan Rp 500-800 ribuan per ekornya, dan cucak ijo mini Rp 350-550 ribuan. Para pecinta burung hias sejati yang memang telah memiliki keterampilan khusus dalam merawat burung hias biasanya lebih memilih membeli burung bakalan agar dapat ia persiapkan menjadi burung yang berkualitas, sehat, dan rajin berkicau.

Loading...