Lebih Mudah untuk Diolah, Harga 1 Kg Kacang Tanah Kupas Mulai Rp 29 Ribuan

Ilustrasi : Kacang tanah yang telah dikupas

Kacang tanah termasuk salah satu komoditas pangan favorit masyarakat Indonesia. Selain diolah menjadi cemilan, kacang tanah juga dibutuhkan untuk bahan dalam memasak. Pada momen Ramadan beberapa waktu lalu misalnya, kacang tanah kupas di Jakarta barat dengan harga Rp 35 ribu per 1 kg sampai Rp 45 ribu per kilogram untuk kacang super.

Kacang tanah kupas rupanya lebih disukai oleh dibandingkan kacang tanah kulit lantaran lebih praktis dan mudah diolah. “Lebih praktis beli kacang tanah kupas ketimbang kacang tanah berkulit. Ribet membersihkannya dan jika kelamaan jari tangan perih, ujar Evayanti, warga Kelurahan Tanjung Duren Utara saat berbelanja di Pasar Kopro, seperti dilansir Poskotanews.

Sementara itu, beberapa bulan harga kacang tanah di Kabupaten Lampung Utara terpantau mengalami kenaikan sebesar Rp 2.000 per kilo dari Rp 22 ribu per kilo pada bulan Februari 2018 menjadi Rp 24 ribu per 1 kg pada bulan April 2018. Menurut Kepala Bidang , Dinas , Lampung Utara, Yanurita, harga kacang tanah di tingkat pengumpul di Lampung Utara naik sekitar Rp 2.000 per kilo dalam periode Februari hingga April 2018.

“Harga kacang tanah di tingkat pengepul di Lampung Utara naik Rp 2.000 per kilo dari harga Rp 22.000 per kilo pada Februari 2018, naik menjadi Rp 24.000 per kilo pada April 2018 dan harga tersebut masih bertahan sampai Mei 2018 minggu kedua,” jelas Yanurita.

Selain dijual di pasar-pasar tradisional, saat ini kacang tanah kupas juga sudah banyak dijual dan dipromosikan secara online. Harga 1 kg kacang tanah kupas pun bervariasi, tergantung kualitasnya. Sebagai contoh, untuk kacang tanah kupas yang masih diselubungi dengan kulit ari dijual dengan harga mulai dari Rp 29 ribuan, sementara itu untuk kacang tanah kupas kulit ari (warna putih) dijual mulai harga Rp 30 ribuan hingga mencapai Rp 50 ribuan per kilogram.

Harga kacang tanah kupas kiloan di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda. Jika butuh kacang tanah kupas, calon konsumen bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional, distributor kacang tanah, membeli dari petani langsung, atau bahkan membelinya secara online di berbagai e-commerce.

Loading...