Lebih Minim Efek Samping, Biaya CT Scan Abdomen Bisa Sampai Jutaan Rupiah

CT Scan Abdomen - www.telegraph.co.ukCT Scan Abdomen - www.telegraph.co.uk

Computerized Tomography (CT Scan) termasuk jenis pemeriksaan yang banyak diandalkan dalam . Pemeriksaan ini biasanya banyak dipakai untuk memeriksa kepala, jantung, tulang belakang, hingga bagian abdomen. Karena prosedurnya cukup , CT scan abdomen bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan .

Menurut Ahli radiologi Santosa Hospital Bandung, dr. Denny Tanumihardja, CT scan digunakan untuk pemeriksaan seluruh tubuh manusia, mulai dari otak atau kepala, paru-paru, jantung, tulang, otot, dan lainnya. “CT Scan dipakai untuk pencitraan anatomi tubuh berupa irisan-irisan. Kalau biasa kan citranya numpuk jadi satu bidang depan dan belakang, dengan CT Scan kita bisa lihat per lapis berupa irisan-irisan tipis,” ungkap dr Denny Tanumihardja SpRad, seperti dilansir Merdeka.

Hasil pemeriksaan dari CT scan ini kata dr. Denny ternyata mempunyai resolusi yang lebih bagus dari foto atau pengambil citra lainnya. “Misalnya dada dan jantung kita bisa lihat dari , otot, tulang, paru,” ujar dr. Denny.

CT scan disebut-sebut mempunyai tingkat akurasi yang baik dalam mencitrakan organ yang bermasalah. Misalnya saja pada organ jantung, hasil CT scan mendekati hasil kateterisasi. Walaupun lebih akurat hasil dari kateterisasi, akan tetapi efek samping yang ditimbulkan dari CT scan kabarnya lebih kecil. “Memang akurat dikateterisasi, tapi bahayanya juga lebih tinggi. Untuk CT Scan ini jauh lebih aman,” katanya.

Biaya CT scan organ tubuh tertentu seperti CT scan abdomen dipatok bervariasi, tergantung jenis pemeriksaan yang diambil, apakah abdomen atas (upper) saja, abdomen bawah (lower) saja, atau keseluruhan bagian abdomen. Biaya CT scan abdomen atas atau bawah saja berkisar mulai dari Rp 900 ribuan, jika ditambah dengan kontras biayanya menjadi sekitar Rp 2 jutaan. Sedangkan untuk biaya CT scan abdomen keseluruhan + kontras biayanya bisa mencapai Rp 3,75 jutaan di RS Sumber Waras Cirebon beberapa tahun lalu.

Meskipun biaya CT scan relatif mahal, rupanya pasien BPJS Kesehatan bisa memanfaatkan kartu BPJS mereka untuk memperoleh CT scan gratis di tertentu. Syaratnya, pasien harus memperoleh rujukan dari dokter umum daerah (RSUD) terlebih dahulu, baru kemudian menjalani pemeriksaan CT scan.

Loading...