Lebih Hemat Energi, Berapa Harga Lampu TL LED Philips 36 Watt?

Lampu TL LED Philips - www.bukalapak.comLampu TL LED Philips - www.bukalapak.com

Lampu TL (tubular lamp), atau biasa disebut lampu neon, merupakan salah satu lampu yang paling banyak digunakan sebagai penerangan di dalam maupun luar ruangan. Seiring dengan perkembangan , beberapa , seperti Philips, mulai memproduksi lampu TL menggunakan LED dengan beragam daya, mulai 8 Watt hingga 36 Watt. Di , lampu TL LED tersebut memang lebih mahal jika dibandingkan lampu TL konvensional.

Seperti dikutip dari Kompas, lampu LED sebenarnya bukan merupakan jenis yang baru bagi masyarakat di . Namun, masih banyak masyarakat, khususnya kalangan menengah, yang ragu untuk beralih dari lampu pijar biasa ke LED. Harga lampu LED yang memang lebih mahal dibandingkan lampu pijar menjadi alasan umum mengapa masyarakat masih enggan memilih lampu ini.

“Kendati harganya mahal, mengingat daya tahan yang cukup lama, sekitar 10 tahun hingga 15 tahun, serta pemakaian daya listrik yang lebih kecil, tentu penggunaan LED jauh lebih hemat dibandingkan lampu pijar,” tulis Kompas. “Lumen (tingkat kecerahan cahaya) pada lampu LED 6-9 Watt bisa mencapai 450 atau setara lampu pijar 60 Watt.”

Saat ini, tidak sulit menemukan lampu TL dengan teknologi LED di pasaran, salah satunya Philips. asal Belanda tersebut sudah meluncurkan beragam lampu TL dengan beragam Watt. Model LED T8 16 Watt dengan panjang 120 cm misalnya, saat ini dijual Rp65 ribuan sampai Rp75 ribuan, yang diklaim memiliki daya setara 36 Watt pada lampu TL biasa.

Untuk model dengan daya di atasnya, misalnya LED tube berdaya 18 Watt, ditawarkan dengan harga sekitar Rp300 ribuan. Sementara, lampu TL LED Philips berdaya 36 Watt, memang agak sulit ditemukan di pasaran Indonesia. Namun, jika pun ada, harganya kemungkinan besar bakal lebih mahal dibandingkan di bawahnya.

Loading...