Lebih Efisien dan Ekonomis, Berapa Biaya Pasang Baru Listrik 3 Phase?

Pasang Baru Listrik 3 Phase

Bagi Anda yang saat ini membutuhkan pasokan listrik berlebih, terutama untuk , mungkin memasang listrik 3 phase bisa menjadi solusi yang menarik. Dengan mulai Rp969 per VA untuk penyambungan pengukuran 1 phase atau 3 phase tegangan rendah (TR) daya 2.200 VA sampai dengan 200 kVA, maka listrik 3 phase ini bakal memiliki efisiensi tinggi, selain dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan.

3 phase sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Nikola Tesla pada tahun 1887 silam. ini secara umum lebih ekonomis jika dalam menghantarkan listrik, jika dibandingkan dengan 2 phase atau satu phase, meski dengan penghantar yang sama. Pasalnya, 3 phase dapat menghantarkan daya listrik yang lebih besar, selain membuat peralatan listrik, seperti motor listrik, menjadi lebih powerful.

Dalam sistem 3 phase ini, dikenal dua tegangan listrik, yaitu tegangan antar-phase (voltage phase to phase) atau biasa dikenal dengan istilah voltage line to line dan tegangan phase ke netral (voltage phase to netral) atau voltage line to netral. Di Indonesia, sistem 3 phase ini lebih familiar disebut dengan sistem R-S-T karena memang umumya menggunakan simbol R, S, dan T untuk tiap penghantar phase, serta simbol N untuk penghantar netral.

“Kelebihan sistem listrik 3 phase di antaranya konstruksi sangat kuat dan sederhana, terutama bila motor dengan rotor sangkar, serta harganya relatif murah untuk kebutuhan industri namun tetap andal,” ulas beberapa blog yang membahas sistem listrik ini. “Di samping itu, efisiensi relatif tinggi pada keadaan normal, biaya pemeliharaan rendah dan mudah dalam perawatan, serta dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan.”

PLN memang tidak memberitahukan biaya pasang listrik 3 phase dalam resminya. Namun, jika melihat kapasitas listrik ini bisa mencapai 2.200 VA, maka biaya pasang listriknya berada di kisaran Rp2 jutaan. Jika pengguna ingin menambah daya di atas 2.200 VA sampai 200 kVA, termasuk untuk sambungan golongan R-3 TR, maka biayanya mulai Rp969 per VA.

Loading...