Terima Penumpang Berkebutuhan Khusus, Berapa Biaya Layanan Kursi Roda AirAsia?

Layanan Kursi Roda AirAsia - www.chockysihombing.comLayanan Kursi Roda AirAsia - www.chockysihombing.com

Tiap penerbangan yang beroperasi di Indonesia memiliki kebijakan masing-masing terkait dengan , misalnya saja penumpang yang naik kursi roda. Sebagai , untuk maskapai AirAsia menyediakan kursi roda bagi para penumpang yang membutuhkan. Pihak AirAsia menerima kursi roda atau alat bantu gerak milik penumpang serta menyediakan kursi roda dalam penerbangan.

Menurut informasi di situs resmi airasia.com, membawa kursi roda sendiri dalam penerbangan Air Asia ternyata tak akan ditarik . Adapun kursi roda/alat bantu berjalan tanpa baterai diizinkan dibawa sebagai bagasi pesawat. Calon penumpang boleh melakukan pra-booking layanan kursi roda secara online. Pihak AirAsia pun menerima kursi roda dan alat bantu berjalan yang didayai baterai.

Para penumpang yang memerlukan layanan kursi roda diminta untuk melakukan pra-pesan pada saat pembelian atau melalui Mengatur Pembelian Saya paling lambat 4 jam sebelum waktu keberangkatan penerbangan terjadwal. “Harap diingat, apabila Anda tidak memberitahu kami maka layanan kursi roda tidak akan disediakan saat kedatangan Anda di bandara. Untuk alasan kesehatan dan keselamatan, penumpang dengan kursi roda harus check-in di bandara,” demikian bunyi keterangan AirAsia.

Penumpang yang memiliki Nomor Kartu Disabilitas, akan dibebaskan dari biaya kursi roda. Setelah nomor kartu ditulis, tidak akan ada biaya yang ditampilkan. Namun, penumpang harus menunjukkan kartu ketika berada di konter check-in untuk memastikan validitas kartu. Penumpang harus membayar biaya yang berlaku apabila tidak dapat menunjukkan kartu yang valid. Biaya akan dibebankan kepada penumpang yang tidak memiliki Nomor Kartu Disabilitas.

Nah, supaya penanganan penumpang dengan kursi roda lebih efisien oleh petugas ground handling, PR Manager PT Angkasa Pura (AP) II, Yado Yarismano juga memberikan saran. “Jika memang penumpang yang akan boarding memiliki disabilitas harap langsung dilaporkan di meja check in atau dapat menghubungi nomor layanan maskapai tempat penumpang memesan tiket. Sehingga fasilitas kursi roda juga bisa didapat oleh penumpang tersebut di bandara keberangkatan dan juga bandara kedatangan,” ucap Yado, seperti dilansir Kompas.

Loading...