Layanan Google Tumbang, Resahkan Pengguna Saat Pandemi

Aplikasi GoogleAplikasi Google

SINGAPURA – Google mengalami pemadaman selama sekitar tujuh jam pada hari Kamis (20/8), yang memengaruhi banyak layanan mereka, termasuk , penyimpanan, dokumen, dan konferensi video. Gangguan tersebut meresahkan pengguna pada saat mereka paling membutuhkan alat untuk tetap produktif di tengah pandemi COVID-19.

Dilansir dari The Straits Times, banyak pengguna, termasuk yang berada di Singapura, tidak dapat masuk ke Gmail mereka, sementara beberapa lainnya tidak dapat mengirim atau menerima lampiran. Yang lain juga tidak dapat membuat file di Google Drive, mengirim pesan melalui Google Chat, dan merekam sesi konferensi video di Google Meet.

Menurut perusahaan pemantau web, DownDetector, masalah layanan Google pertama kali dilaporkan sekitar tengah hari di seluruh dunia pada hari Kamis. Peta dunia pemadaman langsung oleh perusahaan yang sama menunjukkan bahwa sebagian besar masalah dilaporkan di Jepang, India, sebagian Amerika Serikat, negara-negara Eropa, dan negara-negara Tenggara, termasuk Singapura.

DownDetector juga mencatat laporan dari sekitar 10.000 pengguna yang terkena dampak di Singapura pada hari yang sama. Mayoritas di negara kota tersebut menghadapi masalah ketika hendak melampirkan dokumen, sedangkan 21 persen pengguna lainnya memiliki masalah login, dan 17 persen memiliki masalah dengan penerimaan email.

Diana Low, direktur akun dengan agensi kreatif lokal di Singapura, Splash Productions, mengatakan bahwa dia tidak dapat mengirim lampiran dengan emailnya di Gmail mulai pukul 14.00 waktu setempat. “Teks emailnya masuk, tetapi lampirannya tidak . Rekan-rekan saya semua mengalami hal yang sama,” kata Diana.

Google mengonfirmasi di situs web resmi mereka pada pukul 13.29 waktu setempat bahwa mereka sedang menyelidiki masalah tersebut. Kemudian, sekitar pukul 7 malam, raksasa itu melaporkan bahwa layanan telah dipulihkan. Meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan, Google mengatakan bahwa ‘keandalan sistem adalah prioritas utama di Google. Kami terus melakukan perbaikan untuk membuat sistem kami lebih baik’.

“Pemadaman berfungsi sebagai pengingat tepat waktu bagi perusahaan untuk tidak bergantung pada satu perusahaan, bahkan jika ingin menghemat uang mereka, untuk kebutuhan layanan mereka,” ujar Loo Wee Teck, kepala global elektronik di perusahaan riset pasar Euromonitor International. “Namun, mengurangi risiko mereka dengan bergabung dengan beberapa perusahaan atau .”

Loading...