Larutan Pekat & Keras, Ini Harga Cuka Penghancur Beton

Biang cuka untuk menghancurkan beton - www.tokopedia.com

JAKARTA – Cuka tidak hanya berguna untuk membuat acar mentimun. Kandungan asam pada cuka ternyata juga dapat bermanfaat untuk banyak kebutuhan lainnya, salah satunya menghancurkan beton. Sering disebut sebagai biang cuka, ini sekarang ditawarkan dengan harga berkisar Rp40 ribuan sampai Rp85 ribuan per kilogram.

“Biang cuka adalah larutan pekat dari cuka yang telah bercampur dengan zat-zat lain, yang dapat digunakan untuk menghancurkan beton,” tulis UD Jaya Kimia. “Untuk penentuan asam cuka, tidak dapat di-titrasi langsung, tetapi harus diencerkan terlebih dahulu sampai konsentrasi cuka cukup rendah. Titrasi ini dilakukan dengan natrium hidroksida standar.”

Bagaimana cuka dapat menghancurkan beton mungkin berasal dari sifat asam yang korosif, sehingga akan merusak logam, semen, dan lain-lain. Meski demikian, kekuatan cuka untuk menghancurkan beton harus dilihat seberapa pekat cuka yang diberikan dan berapa lama beton direndam dengan larutan tersebut. Jika cuma sebentar dan setelah itu disiram dengan air dengan konsentrasi lebih besar, maka sifat asam cuka akan melunak.

Di sendiri, tidak susah mendapatkan biang cuka untuk menghancurkan beton. Anda bisa membeli produk ini di -toko atau bahkan situs . Biasanya disediakan dalam wadah jerigen tertutup, harga biang cuka penghancur beton bervariasi, mulai Rp40 ribu, Rp60 ribu, hingga Rp85 ribuan per kilogram. Namun, ada juga yang menjualnya dengan harga Rp30 ribuan per kilogram.

Meski memudahkan dalam membongkar beton, namun penggunaan cuka di sisi lain juga dapat membawa efek samping. Tembok beton bekas siraman cairan cuka nantinya diklaim akan menjadi tidak tahan lama dan menjadi mudah lapuk seperti kayu. Akhirnya, tembok akan menjadi lebih mudah keropos dan bisa bermasalah di kemudian hari.

“Cairan cuka ini juga merupakan obat keras yang berbahaya, terutama bila mengenai kulit dan bagian tubuh lainnya,” penjelasan banyak pedagang. “Karena itu, sebelum menggunakan cairan cuka ini, harus memakai peralatan keamanan yang memadai dan mengetahui cara penggunaannya. Bila terkena kulit, sebaiknya lekas-lekas dicuci dengan air mengalir.”

Loading...