Laris Diserbu Konsumen, Harga Kurma Madinah Mulai Rp60 Ribuan

Kurma Madinah - kurmamehr.comKurma Madinah - kurmamehr.com

Kurma merupakan buah yang banyak dicari ketika bulan Ramadan tiba, terutama sebagai santapan untuk sahur maupun berbuka puasa. Saat ini, sudah banyak beredar berbagai kurma dengan yang bervariasi. Meski kurma madu masih menjadi primadona, namun lainnya juga laris diserbu, salah satunya kurma madinah.

“Dari tahun ke tahun setiap bulan puasa, kurma madu memang paling banyak dicari orang, mungkin karena teksturnya yang lembut serta rasanya yang cenderung manis,” ujar H. Achmad Achyar, salah satu kurma di Ikan Lama, Medan. “Selain kurma madu, kurma mesir dan kurma madinah juga cukup banyak dibeli masyarakat.”

Achmad menambahkan, selama bulan suci Ramadan, toko miliknya mampu menjual seluruh jenis kurma antara 80 kg sampai 100 kg per hari, dengan kurma madu menyumbang pendapatan terbanyak karena mampu terjual rata-rata 60 kg per hari. “Selain itu, kacang Arab, pistachio, dan kismis juga cukup diminati para ,” sambungnya.

Sementara itu, pengelola Toko Tayyiba di kawasan Solo, Abdullah Umar, memprediksi bahwa antusiasme warga dalam berburu kurma akan terus berlangsung hingga pertengahan bulan Ramadan nanti. Setelah itu, akan mulai beralih memburu kue dan perlengkapan-perlengkapan lainnya menjelang .

“Kami sendiri saat ini menjual berbagai jenis kurma, seperti kurma bahari, kurma emirat gold, kurma al jaihan, kurma naghal, kurma khalaz, kurma najwa, sampai kurma madinah,” kata Umar. “Harga kurma bervariasi, mulai Rp50 ribu sampai dengan Rp325 ribu per kg, tergantung jenis kurma.”

Mengenai harga kurma sendiri, sudah mengalami peningkatan sejak seminggu jelang puasa lalu. Kurma madinah saat ini dipasarkan dengan harga mulai Rp60 ribuan per kg. Sementara, kurma mesir ditawarkan dengan harga mulai Rp60 ribu per kg dan kurma brisan gold saat ini dengan harga sekitar Rp250 ribu per dus.

Loading...