Laptop Panas & Sering Hang? Ini Kisaran Biaya untuk Membersihkan & Ganti Pasta Laptop

Membersihkan & Ganti Pasta Laptop - www.hipwee.comMembersihkan & Ganti Pasta Laptop - www.hipwee.com

Permasalahan panas atau overheat bisa dialami oleh siapa saja, terutama pada yang usianya sudah lebih dari setahun. Cara penggunaan dari sang bisa sangat mempengaruhi performa itu sendiri. Jika sudah overheating, maka biasanya akan mudah hang, sering restart, atau bahkan sering mati sendiri.

“Masalah overheating pada laptop sering disebabkan karena pasta yang sudah mengering dan sirkulasi udara yang tertutup debu tebal. Jika masalah panas ini dibiarkan lama umumnya akan menyebabkan laptop hang/sering restart, jika sudah parah dapat menyebabkan laptop mati,” kata salah satu penyedia jasa service laptop di Jogja.

Jika sudah mengalami masalah seperti itu, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar laptop, membersihkan bagian dalamannya, dan juga mengoleskan ulang thermal paste atau pasta pendingin khusus laptop. Bagi yang paham dengan seluk beluk laptopnya, cleaning laptop semacam ini mungkin tergolong mudah dan bisa dilakukan sendiri di dengan bermodal alat-alat pembersih laptop dan juga thermal paste yang tersedia di . Namun bagi kalangan awam, proses ini justru berisiko memperparah kerusakan laptop jika dilakukan sendiri.

Oleh sebab itu, hampir setiap penyedia jasa servis komputer dan laptop biasanya menyediakan jasa cleaning laptop sekaligus penggantian pasta prosesor dan juga VGA agar kinerja laptop bisa kembali normal. yang dipatok untuk ganti pasta laptop ini sangat bervariasi, tergantung laptop dan juga ukuran laptop itu sendiri.

Umumnya biaya ganti pasta laptop ditarik mulai Rp 100 ribuan. Misalnya saja di tempat service yang ada di Jakarta Barat, biaya cleaning netbook 10-11.6” dihargai Rp 150 ribu, sudah termasuk jasa, risiko bongkar, thermal paste processor dan thermal pad VGA. Kemudian untuk serupa pada laptop 12-15.6 inch biayanya Rp 250 ribu. Lain lagi untuk jasa cleaning pada laptop khusus gaming seperti Asus ROG, Alienware, atau sebagainya, maka akan dikenai tarif yang lebih mahal lagi, sekitar Rp 350 ribu. Pasalnya pengerjaan laptop gaming relatif lebih rumit dan membutuhkan pasta yang lebih banyak.

Loading...