Langkah China Dinilai Sia-Sia, Harga Bitcoin Bangkit Ke Level $ 3.768,30

Bitcoin - techcrunch.comBitcoin - techcrunch.com

mencatat kenaikan sebesar 2,21% ke level 3.768,30 atau hampir Rp 50 juta setelah dibuka di posisi Rp 3.686,90 di awal hari ini, Sabtu (16/9), berdasarkan dari CoinDesk Bitcoin Price Index (BPI). Sepanjang hari ini bitcoin diperdagangkan pada kisaran USD 3.680, 59 hingga USD 3.806,58 dengan pangsa sebesar USD 62,39 miliar.

Sebelumnya harga bitcoin sempat jatuh di bawah USD 3.000 untuk pertama kalinya dalam hampir 8 minggu karena kekhawatiran para terkait masa depan cryptocurrency di masa depan. Aksi jual dipicu oleh tindakan China yang menutup bursa perdagangan bitcoin lokal dan BTCC yang mengumumkan berakhirnya perdagangan bitcoin di akhir bulan September 2017 ini. Di samping itu, bos JP Morgan, Jamie Dimon juga makin menambah ‘panas’ dunia digital dengan menyebut bitcoin sebagai penipuan.

Meski demikian, sesuai dengan prediksi para analis, rupanya harga bitcoin mengalami pemulihan. “Langkah China menghentikan penggunaan modal bitcoin tidak akan efektif karena 3 alasan. Pertama, siapapun di China dengan public key yang valid masih dapat menerima dan menjual Bitcoin. Bahkan Tembok Besar China pun tidak akan bisa memblokir lalu lintas Bitcoin yang berasal dari blockchain terdesentralisasi,” kata David Coker, dosen di Westminster Business School, seperti dilansir Express.

“Kedua, sudah diketahui bahwa perjalanan luar negeri oleh warga China telah melonjak sebagai tanggapan dari pembatasan capital flight. Dan ketiga, sejarah mengajarkan kita bahwa modal selalu menemukan jalan. Pasar keuangan ada untuk menyalurkan modal ke tempat yang ingin ia tuju,” imbuh Coker.

Alhasil harga bitcoin pun telah naik lebih dari 25% hari ini, naik lebih tinggi usai mengalami aksi jual yang tajam dalam beberapa hari terakhir. Sebelum mengawali pemulihan ini, bitcoin telah meningkat lebih dari 32% antara 12 September hingga hari ini. Adapun salah satu faktor yang menyebabkan harga bitcoin kembali naik adalah karena para pedagang berspekulasi untuk memanfaatkan peluang ketika bitcoin jatuh dan beramai-ramai membeli bitcoin.

Loading...