Lakukan Pengadaan Barang/Jasa, Honor TPK Desa Ditetapkan Kepala Daerah

Tim Pengelola Kegiatan Desa - kominfo.go.idTim Pengelola Kegiatan Desa - kominfo.go.id

Untuk melakukan proses pengadaan dan , setiap desa umumnya memiliki atau membentuk Tim Pengelola Kegiatan (TPK) yang bertugas melakukan pengadaan dan jasa melalui swakelola, termasuk kegiatan persiapan, pengawasan, penyerahan, pelaporan, dan pertanggungjawaban hasil pekerajaan. Ketika melakukan tugas tersebut, TPK juga mendapatkan honor dengan besaran yang ditetapkan oleh masing-masing kepala daerah.

“Dasar honorarium Tim Pengelola Kegiatan adalah UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa pada Pasal 66 ayat (4) berbunyi ‘Selain penghasilan tetap sebagaimana dimaksud pada ayat (1), kepala desa dan perangkat desa memperoleh kesehatan dan dapat memperoleh pemasukan lainnya yang sah,” tulis Bayu Sena dalam blog pribadinya. “Selanjutnya, di ayat (5) berbunyi ‘Ketentuan lebih lanjut mengenai besaran penghasilan tetap diatur dalam Peraturan Pemerintah’.”

Blog yang sama menuliskan, berdasarkan ketentuan tersebut, TPK Desa dapat diberikan honorarium berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan (bisa peraturan bupati, walikota, atau kepala desa). Jika tidak ada aturan-aturan tersebut, maka Tim Pengelola Kegiatan ini tidak dapat memperoleh honorarium.

Sementara itu, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 52/PMK.02/2014 pada 17 Maret 2014 menerangkan bahwa honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dapat diberikan kepada pegawai negeri atau non-pegawai yang diberi tugas untuk melaksanakan kegiatan berdasarkan surat keputusan /Menteri/Pejabat Setingkat Menteri/ Pejabat Eselon I/ KPA. Menurut aturan ini, ketentuan pembentukan tim adalah memiliki output yang jelas dan terukur, bersifat koordinatif, bersifat temporer, merupakan perangkapan atau tugas tertentu, dan dilakukan secara selektif dan efisien.

Nah, besaran honorarium Tim Pelaksana Kegiatan untuk setiap kegiatan pengadaan barang atau jasa yang bernilai di atas Rp50 juta sampai dengan Rp200 juta dan di atas Rp200 juta, ditetapkan oleh masing-masing kepala daerah. Untuk Desa Pamarayan di Kabupaten Pandeglang misalnya, besaran honor TPK adalah sekitar Rp1.300.000 berdasarkan Pendapatan dan Desa tahun 2017.

Loading...