Laju Dolar AS Melambat, Investor Balik Arah ke Yen

Japanese 10,000 yen bank notes and coins are displayed March 3, 2006. The yen fell on Friday after J..Pergerakan Rupiah diprediksikan akan terus melemah hingga penutupan hari ini. Rupiah diramalkan tidak akan mampu bertahan di zona . Siang ini (1/9), rupiah berada pada level Rp 14.035 per Serikat. Bank menempatkan Rupiah pada kisaran level Rp 14.036 hingga Rp 14.019 perDolar AS.

Reza Priyambada selaku pakar analisi dari NH Securities Indonesia menyatakan bahwa Rupiah akan kembali melemah setelah mengalami kenaikan. Kondisi yang sangat disayangkan, karena harusnya Rupiah bisa membalik posisi di tengah melemahnya laju Dolar Amerika di spot global akibat pergerakan Yen. Data manufaktur global yang rencananya akan diluncurkan pada awal pekan ini memberikan tekanan cukup besar pada kebanyakan mata uang di dunia, terutama di Asia Pasifik. Hal ini membuat pelaku lebih memilih berbalik arah pada Yen yang dianggap akan safe heaven.

Sementara di Indonesia, para pelaku pasar masih mengambil sikap wait dan see jelang peluncuran data inflasi bulan yang rencananya akan diluncurkan hari ini, tak heran kemudian menjadikan pergerakan Rupiah sangat terbatas. Gejala pergerakan Rupiah yang makin lesu mengindikasikan pelemahan lebih lanjut dari Rupiah. Jika data inflasi bulan yang nantinya dirilis menunjukkan hasil kurang memuaskan dan tak sesuai dengan prediksi pasar, diharapkan mampu bermanuver untuk mengatasi munculnya bermacam sentiment negatif.

Loading...