Kurs Tengah BI tunjukkan pelemahan Rupiah

Rupiah-USDPosisi terhadap siang ini (14/4) bergerak dibandingkan posisi hari kemarin. Berdasarkan kurs tengah , berada di posisi Rp 12.979 perUSD atau melemah sebesar 34 basis poin dari posisi kemari yang mendarat di level Rp 12.945 perDolar Amerika.

Mengacu pada data Bloomberg yang tercatat pada pukul 12.00, Rupiah berada pada level Rp 12.988 perDolar Amerika. Tercatat pada pukul 09.15 pagi tadi di level Rp 12.982 perDolar Amerika. Sedang jika mengacu pada data IMQ21, Rupiah siang ini berada di posisi Rp 12.945 perDolar Amerika, menguat 16 poin atau sebesar 0,12% dari posisi kemarin di posisi Rp 12.961/USD

Pelemahan Rupiah dinilai sebagai respons para pelaku pasar yang masih bersikap wait and see, menjelang keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia mengenai kebijakan BI Rate (suku bunga acuan) bulan ini. Faktor eksternal yang juga mempengaruhi melemahnya Rupiah adalah kebijakan moneter (). Kebijakan ini turut berimbas negatif pada laju regional, termasuk Rupiah. “Pergerakan Dolar Amerika Serikat juga kembali menguat, karena memanfaatkan pelemahan tersebut. Namun, dengan sentimen rilis data dari AS yang kurang mendukung diharapkan akan mengembalikan posisi Rupiah ke sentiment positif,” kata Stefanus Mulyadi Handoko, pengamat saat diwawancarai hari ini.

Loading...