Kurs Rupiah Siang ini Menguat, IHSG Melemah

rupiahRupiah tipis terhadap Amerika pada siang ini (8/4). Berdasarkan pantauan data , Rupiah berada pada level Rp 12.977 perDolar Amerika. Posisi ini lebih tinggi dari level di sesi penutupan kemarin pada titik Rp 12.987 perDolarnya. Rupiah sudah menampakkan kondisi prima sejak sesi pembukaan perdagangan awal. Tadi pagi, Rupiah dibuka menguat 2 basis poin di posisi Rp 12.985 perDolar Amerika.

“Laju bergerak mendatar dengan kecenderungan menguat menyusul masih adanya ekspektasi positif dari data cadangan devisa yang diperkirakan akan kembali meningkat,” ujar Reza Priyambada, Kepala Riset NH Securities Indonesia saat diwawancara oleh awak media di Jakarta hari ini.

Sementara itu, Rangga Cipta selaku Ekonom Samuel Sekuritas yang ditemui secara terpisah menambahkan bahwa minimnya sentimen data ekonomi domestik membuat pergerakan mata uang rupiah cenderung statis, sehingga peluang pelemahan masih dimungkinkan ada. “Pergerakan Rupiah akan didominasi situasi . (Sejak) malam tadi, mayoritas data ekonomi Amerika Serikat yang dirilis (mulai dari lowongan pekerjaan hingga kredit consumer) dinyatakan naik,” kata Rangga. Menurutnya, Dolar masih berpeluang untuk menguat di kawasan Asia, apalagi jika hasil pertemuan FOMC kembali mengekspektasikan kenaikan suku bunga .

Sayangnya penguatan Rupiah kali ini tidak dibarengi oleh penguatan Indeks Harga Gabungan (). Posisi siang ini melemah ke bawah level 5.500 karena aksi ambil untung. merosot 25,44 poin atau sebesar 0,46% ke level 5.497,85.

Loading...