Kurs Rupiah Hari Ini Kembali Melemah

Laju pergerakan nilai tukar pada siang hari ini semakin melemah. Berdasarkan data yang dirilis siang hari ini, terhadap Amerika (USD) berada pada level Rp12.258 per USD. Posisi tersebut masih memburuk dibanding penutupan kemarin, Selasa (7/10/2014) yang berada pada level Rp12.202 per USD.

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tersebut terjadi seiring dengan anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan () sebesar 1% pada akhir sesi I perdagangan. Selain itu, pemilihan ketua DPR dan MPR yang menyebabkan situasi di tidak kondusif disebut menjadi penyebab pelemahan rupiah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Executif Officer PT Rifa Capital, Bahlil Lahadalia kepada Tribunnews pada hari ini di Kementerian Koordinator Perekonomian. Ia meyakini bahwa para pengusaha terutama asing tidak kabur ke negara lain. Hal yang dilakukan para pengusaha saat ini hanyalah menunggu kepastian dari politik dalam negeri.

dollar-amerika“Mereka tidak lari, tidak kabur, hanya wait and see saja,” ujar Bahlil.

Hal senada juga diungkapakan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi . Ia mengatakan bahwa melihat situasi politik di Indonesia dimana hal tersebut merupakan yang pertama dilihat oleh para investor. Dengan adanya kegaduhan politik dalam negeri, pun bisa merespon negatif.

“Kalau diganggu terus, repot kita. Agak ada penurunan, mereka bilang ada apa Indonesia. Situasi politik itu nomor satu,” kata dia seperti dikutip vivanews.

Loading...