Rupiah Naik Tipis Usai The Fed Umumkan Pendekatan Baru Terhadap Inflasi

Rupiah - poskotanews.comRupiah - poskotanews.com

Jakarta dibuka menguat tipis sebesar 5 poin atau 0,03 persen ke level Rp14.655 per di awal perdagangan pagi hari ini, Jumat (28/8). Kemarin, Kamis (27/8), Garuda berakhir terapresiasi 17,5 poin atau 0,12 persen ke posisi Rp14.660 per .

Indeks AS yang mengukur pergerakan the Greenback terhadap sejumlah mata uang utama terpantau cenderung datar. Pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB, indeks AS naik tipis sebesar 0,0048 persen menjadi 93,0093 usai pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell yang menyatakan bahwa pihak bank sentral Amerika Serikat meluncurkan kebijakan baru pada .

Pada Kamis (27/8), Powell mengungkapkan jika The Fed akan berusaha mencapai inflasi yang rata-rata 2 persen dari waktu ke waktu, strategi baru untuk melaksanakan kebijakan moneter sebagai upaya membantu mengatasi pandemi virus corona (Covid-19) dan meningkatkan pemulihan kondisi ekonomi.

Langkah tersebut adalah strategi kebijakan baru yang kemungkinan dapat menjaga suku bunga jangka pendek mendekati 0 persen selama bertahun-tahun. “Oleh karena itu, setelah periode ketika inflasi telah berjalan di bawah dua persen, kebijakan moneter yang sesuai kemungkinan akan bertujuan untuk mencapai inflasi di atas dua persen untuk beberapa waktu,” tutur Powell, seperti dilansir Antara.

Dari dalam negeri, Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual memprediksi bahwa nilai tukar rupiah akan lanjut menguat tipis pada Jumat (28/8). “Minggu depan ada rilis data inflasi, perkembangan vaksin juga cukup menarik baik dari AS dan China. Sementara itu belanja pemerintah, BLT dan subsidi gaji diharapkan akan menggerakkan ekonomi dan jadi sentimen positif bagi rupiah ke depan,” jelas David, seperti dikutip dari Kontan.

Selain itu, David pun mengakui bahwa aliran portofolio yang masuk ke dalam negeri cenderung flat, terutama di obligasi. Kondisi semacam itu juga terlihat dari aliran dana masuk ke modal yang dinilai masih moderat. Alhasil, pergerakan rupiah di akhir pekan ini diperkirakan masih minim sentimen dan berpeluang menguat tipis.

Loading...