Kurs Dolar Melonjak terhadap Yen, Tertinggi dalam Tujuh Tahun

Japanese 10,000 yen bank notes and coins are displayed March 3, 2006. The yen fell on Friday after J..Nilai tukar pada hari Selasa (11/11) kemarin naik ke level tertinggi terhadap . Lonjakan ini merupakan yang tertinggi sejak tahun 2007 setelah indeks saham melonjak karena Perdana Menteri Shinzo Abe menunda pemberlakuan kenaikan pajak di Jepang seperti yang sebelumnya direncanakan.

Tekanan dari banyak pihak tampaknya membuat Abe harus mengambil keputusan untuk menunda kenaikan pajak. Rencana yang terbentuk pada bulan April 2014 lalu sedianya berisi keputusan pengendalian hutang publik, suatu rencana yang akan semakin memperburuk kondisi Jepang jika jadi diberlakukan sekarang.

“Keterlambatan kenaikan pajak penjualan adalah berita baik bagi perekonomian dan dorongan besar untuk kenaikan saham,” kata Richard Franulovich, Ahli Strategi Keuangan Senior, di Westpac Securities di New York. “Hal ini dapat semakin membebani Yen karena korelasi yang negatif.”

Yen bergerak melemah setelah Jepang pada 31 Oktober 2014 lalu mengatakan akan memperluas program stimulus yang besar. Kurs Yen mencapai ¥ 116,09/USD dan merupakan yang tertinggi sejak Oktober 2007. Pada terakhir yen sedikit menguat sebayak 0,6% sehingga berakhir di titik ¥115,29/USD. Amerika tercatat telah menguat sebayak 10% terhadap Yen dalam 10 tahun terakhir. Sementara untuk nilai kurs Yen terhadap berada pada Rp 105.84/ Yen.

Loading...