Kurangi Risiko Cedera, Harga Matras Maestro untuk Karate Mulai Rp230 Ribuan

Matras Maestro untuk Karate

Matras, selain biasa digunakan untuk senam lantai, juga memiliki fungsi penting sebagai pelindung dan mengurangi risiko cedera untuk ‘keras’ semacam karate atau taekwondo. Saat ini, ada banyak matras yang bisa ditemukan di , salah satunya Maestro, yang sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp230 ribuan per lembarnya.

Pentingnya fungsi matras dalam beladiri tampak ketika beberapa atlet wushu yang bakal diterjunkan untuk Asian Games 2018 mengalami cedera ketika melakukan latihan. Karena kondisi matras yang tidak standar, kaki salah satu atlet bernama Juwita Niza Nazmi mengalami cedera pada bagian pergelangan kaki akibat terkilir saat berlatih meloncat.

“Kaki saya mendarat di matras yang kondisinya berlubang setelah melakukan loncatan,” ujar atlet asal Medan yang sempat meraih medali emas pada event SEA Games 2017 tersebut. “Akibatnya, pergelangan kaki saya menjadi terkilir.”

Sementara itu, beberapa atlet taekwondo yang sedang mengikuti seleksi tim TI HST di Gedung Murakata, Barabai, juga mengalami cedera di bagian kaki maupun tangan karena tidak menggunakan matras. Karena tidak memakai matras, para atlet taekwondo harus mengenai batako ketika terjatuh karena terkena serangan lawan.

“Kami sebenarnya cukup menyayangkan pemindahan tempat seleksi yang cukup mendadak, sebab matras yang digunakan tidak dapat dipindahkan ke halaman Gedung Murakata,” kata Julian Saputra, salah seorang juri seleksi. “Susah mengangkut seratus lembar matras, yang harus menggunakan pick up, selain dana yang terbatas, juga akan membuang banyak waktu.”

Nah, jika Anda tidak ingin mengalami kejadian serupa, Anda sebaiknya menggunakan matras ketika akan berlatih beladiri. Saat ini, sudah banyak merek matras yang di pasaran, salah satunya Maestro. Ditawarkan di kisaran harga Rp230 ribuan per lembar berukuran 100 x 100 x 28-30 cm, matras ini diklaim terbuat dari eva sponge dan dapat dibolak-balik (memiliki dua ). Sementara, untuk full, harganya berkisar Rp1,65 jutaan.

Loading...