Kuliah di Binus Terkenal Mahal, Bagaimana dengan Biaya Hidup?

Bina Nusantara University (Binus) - alfa-www.gbgindonesia.comBina Nusantara University (Binus) - alfa-www.gbgindonesia.com

Bina Nusantara University (Binus) sering disebut-sebut sebagai salah satu dengan biaya termahal di Indonesia. Bagaimana tidak? Total biaya kuliah di Binus untuk tahun 2018/2109 saja bisa berkisar antara Rp 138 jutaan hingga Rp 181 jutaan untuk jenjang Sarjana (S1), tergantung jurusan yang diambil. Lalu bagaimana dengan biaya hidup kuliah di Binus? Apakah juga mahal?

Menurut beberapa mahasiswa yang pernah menempuh di Binus, kabarnya biaya hidup untuk mereka yang berkuliah di Binus sangat tergantung pada gaya hidup mahasiswa itu sendiri. Untuk tempat tinggal seperti kost-kostan di dekat kampus biasanya memasang tarif yang cukup mahal. Berdasarkan penelusuran di sejumlah situs, harga kost di dekat Kampus Binus berkisar mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 2,5 juta per bulan, tergantung dan fasilitasnya. Sedangkan untuk unit apartemen tarifnya antara Rp 3,9 juta hingga Rp 4,2 jutaan per bulan.

Meski demikian, untuk urusan makan sehari-hari ternyata banyak warung di sekitar Kampus Binus yang menawarkan makanan dengan harga cukup terjangkau untuk kantong mahasiswa. “Kalau di Binus Kemanggisan sih sekitarannya banyak makanan yang enak-enak. Plus, mart yang 24 jam juga banyak. Jadi kalau mau begadang aman lah,” kata pengakuan salah satu mahasiswa Binus.

Hingga kini Binus memang memiliki beberapa gedung kampus yang tersebar di berbagai lokasi, yakni Kampus Binus Syahdan, Anggrek, Kijang, JWC, Alam Sutera, dan Bekasi. Dibandingkan dengan kampus yang di Jakarta, biaya hidup di Kampus Binus Alam Sutera dinilai lebih murah. Bahkan pihak Binus juga mempertimbangkan faktor lingkungan sebelum membangun sebuah kampus. “Di sekitar sini ada dormitory, apartemen, dan mal. Mal tidak hanya dipakai untuk makan siang, tapi bisa dipakai untuk pameran karya mahasiswa,” kata Rektor Binus University Prof Harjanto Prabowo, seperti dilansir Kompas.

Untuk menghemat biaya hidup kuliah di Binus, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Pasalnya biaya perkuliahan di Binus pun dapat dicicil beberapa kali. Biaya tempat tinggal pun bisa ditekan dengan mencari teman yang bersedia diajak patungan untuk mengontrak rumah kontrakan atau apartemen bersama.

Loading...