Kuat dan Tahan Lama, Harga Kayu Merbau per M3 Relatif Mahal

Kayu Merbau - gudangparquet.netKayu Merbau - gudangparquet.net

PAPUA – merbau merupakan salah satu primadona hasil hutan Indonesia saat ini. Volume merbau terus meningkat untuk memenuhi akan flooring, decking, maupun doorjamb. Dikenal kuat dan keras, merbau ini banyak digunakan sebagai mebel, terutama lantai berbahan kayu. Sayangnya, kayu merbau per m3 di tergolong mahal.

“Rata-rata pengimpor kayu merbau dari luar negeri menjadikan komoditas ini sebagai bahan untuk mebel, terutama untuk lantai berbahan kayu,” jelas Ketua Asosiasi Pengusaha Kayu gergajian dan Kayu Olahan Indonesia (ISWA) Papua, Daniel Gerde. “Karena itu, permintaan kayu merbau untuk konsumsi luar negeri selalu tinggi.”

Pada bulan Agustus tahun 2017 lalu, PT Pelindo IV melepas ekspor langsung perdana kayu merbau dari Pelabuhan Sorong. Ini menyusul ekspor kayu merbau yang sebelumnya dilakukan melalui Pelabuhan Pantoloan di Palu, Pelabuhan Jayapura, Pelabuhan Bitung di Sulawesi Utara, dan Pelabuhan Balikpapan di Kalimantan Timur.

Orang-orang di luar negeri, seperti China, Korea, Taiwan, dan beberapa negara lainnya, umumnya menggunakan kayu merbau sebagai lantai karena dinilai lebih kuat. Sementara, di dalam negeri, kebanyakan masyarakat masih memanfaatkan bahan keramik sebagai lantai rumah atau bangunan mereka.

Kayu merbau sendiri memang banyak tumbuh di wilayah Papua. kayu ini mudah dikenali karena memiliki tekstur serat yang berwarna merah kecokelatan dan banyak digunakan untuk paneling, lantai parket, pintu, dan jendela. Kayu ini termasuk kategori kayu keras dan dengan tekstur yang dimilikinya, kayu merbau menjadi simbol eksklusivitas di dalam interior.

Selain memiliki daya tahan yang kuat, kayu merbau juga memiliki tingkat keretakan yang rendah dengan tingkat penyusutan yang kecil. Jadi, jika digunakan sebagai bahan kusen untuk pintu dan jendela, kayu ini memiliki yang cukup bagus. Di pasaran sendiri, harga kayu merbau sekarang berada di kisaran Rp13 jutaan per m3 untuk yang berasal dari Papua.

Loading...