Kualitas Layanan Lebih Baik, Biaya ONH Plus Maktour Mulai Rp284 jutaan

Biaya, ONH, plus, Maktour, biro, perjalanan, haji, khusus, reguler, ongkos, naik, jamaah, jemaah, paket, termurah, termahal, ibadah, faktor, usia, harga, dana, penyelenggara,Aktivitas peribadatan di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi (instagram: @burashed)

memang menjadi pembicaraan yang hangat dan selalu diperbincangkan, apalagi saat ini adanya informasi penambahan setelah pelebaran dan perluasan Masjidil Haram yang akan selesai dibangun. Dikarenakan daftar tunggu keberangkatan yang cukup panjang dan memakan waktu lama, menjadikan naik selalu menjadi bahan pembicaraan hangat setiap tahunnya.

Umumnya, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menjadi calon jemaah haji, yaitu secara reguler (biasa disebut ONH Reguler) dan plus (biasa disebut ONH Plus). Jika ONH Reguler diselenggarakan oleh pemerintah, maka ONH Plus diselenggarakan oleh pihak swasta (biasanya biro haji atau ) dengan pengawasan dari pemerintah.

Selain pihak penyelenggara, perbedaan lain antara ONH Reguler dengan ONH Plus adalah mengenai cara setoran , , hingga fasilitas yang diperoleh selama di Tanah Suci. Dibandingkan ONH Reguler, prosedur ONH Plus memang lebih sederhana karena biasanya telah diurus oleh agen atau travel yang menyelenggarakan ONH Plus ini.

Salah satu jemaah haji khusus, Sholihin Yusuf, mengaku mendaftar lewat ONH Plus untuk mendampingi bapak kandung dan bapak mertuanya yang sudah sepuh. Bapak kandungnya, Sutarjo, sudah berusia 72 tahun, sedangkan bapak mertua, Sarji, berusia 73 tahun. “Kalau mendaftar haji reguler, kasihan, bisa menanti lama,” ujarnya kepada Republika.

Sholihin mengaku pernah beribadah haji pada 2003 dan 2008. Saat berhaji bersama istri dan ibu kandung pada tahun 2003, Sholihin mendaftar pada tahun 2002. Sedangkan, saat berhaji tahun 2008, dia mendaftar pada 2007. “Masih menunggu setahun saja, beda dengan sekarang, daftar tahun ini, bisa berangkat haji pada 2028.

Jemaah lainnya, Yusni Warhamdi, juga mengaku mendaftar ONH Plus karena faktor usia, mencapai 70 tahun. “Usia saya sudah 70 tahun. Kalau mendaftar haji reguler, terlalu lama, belum tentu saya bisa berangkat haji dengan cepat,” katanya.

Selain perjalanan dan pemondokan yang berbeda dengan jamaah haji reguler, jamaah haji khusus juga mendapatkan maktab spesial, yakni Maktab 111 sampai 116 dan Maktab 75-76 selama di Armina (Arafah, Muzdalifah dan Mina). “Harga paket maktab ini sangat tergantung yang diberikan oleh maktab dan jarak maktab ke jamarat,” ujar Kepala Seksi Pengendali Penyelenggara Ibadah Haji Khusus, PPIH, Cecep Nursyamsi.

Biasanya setiap maktab mengurusi sekitar 2.000-3.000 orang jamaah haji. Bila satu maktab haji reguler berisi 3.000 orang jamaah, maktab untuk jamaah haji khusus hanya sekitar 2.000-2.200 orang. Sehingga, jamaah haji khusus tidak memadati di dalam tenda-tenda maktab. Demi mendapatkan kenyamanan itu, biaya yang dikeluarkan tiap-tiap jemaah haji khusus berkisar 2.200 riyal-6.000 riyal.

Fasilitas yang mereka terima beragam, tentunya lebih mewah. Di tenda maktab selama pelaksaan wukuf, jemaah haji khusus akan tidur di atas kasur. Untuk paket termahal, terdapat sofa di maktab. Menu makanannya juga lebih bervariasi.

Jemaah haji khusus tersebut harus mengeluarkan lebih secara beragam untuk berhaji sesuai nilai paket yang ditawarkan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Maktour, salah satu biro perjalanan haji plus yang cukup populer, memberikan penawaran paket ONH Plus dengan biaya paling murah sebesar USD20.000 atau setara Rp284 juta-an, dan paket termahal mencapai USD32.500 atau sekitar Rp460 juta-an.

Loading...