Kualitas Bisa Diadu, Harga Speaker Line Array CAF Dibanderol Rp 31 Jutaan

Speaker Line Array CAF - www.bukalapak.comSpeaker Line Array CAF - www.bukalapak.com

Dalam dunia sound system, line array system merupakan yang paling banyak dipakai karena menawarkan beberapa keuntungan, antara lain memiliki jangkauan angle yang spesifik, sehingga suara bisa diarahkan dan diprediksi dengan lebih baik. Selain itu, pada jarak tertentu suara yang dihasilkan juga tak mengikuti hukum ‘inverse square law’ yang biasanya adalah pengurangan sebanyak 6 desibel setiap jarak dikalikan dua. Karena keunggulannya tersebut, speaker line array memang kerap dengan yang cukup mahal.

“Line array, sekali lagi pada batas jarak tertentu, hanya akan berkurang sebanyak 3 desibel per doubling of the distance. Karena banyak dipakai di event-event komersial, maka ada anggapan bahwa line array adalah sistem speaker terbaik yang dapat diaplikasikan di mana saja dan kapan saja,” kata salah satu penyedia jasa sound system di Denpasar.

“Untuk sebuah sistem supaya dapat dikategorikan sebagai sebuah line array, bukan bergantung dengan bentuknya saja yang memanjang. Tetapi ada hukum-hukum yang harus dipatuhi. Banyak line array yang karena tren , mengeluarkan line array asal-asalan,” sambungnya.

Ada banyak merek speaker line array di pasaran, mulai dari RCF, Tasso, JBL, hingga CAF. Salah satu merek speaker line array yang dikenal cukup berkualitas dalam dunia sound system adalah CAF. Merk asal ini memproduksi beberapa box speaker line array, antara lain seri CAF SUN100, CAF CF-1820, hingga CAF CF-1830. Adapun harga line array CAF 10 inci dijual sekitar Rp 31 jutaan di pasaran Indonesia.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar sebuah sound system bisa bekerja dengan baik di sebuah ruangan, misalnya saja menentukan sistem loudspeaker berdasarkan bentuk ruangan. Untuk sistem line array yang memiliki horizontal coverage yang fixed, kabarnya kurang cocok bila digunakan untuk ruangan yang melebar. Apabila ruangan memiliki panjang yang pendek, akan terjadi reflection yang dominan ke arah panggung.

“Makanya pabrikan line array selalu merekomendasikan bahwa line array yang benar implementasinya adalah line array yang paling sedikit mempunyai panjang/height minimal 4 box,” ujarnya. Oleh sebab itu tak heran jika harga speaker line array yang berkualitas bisa dibanderol cukup mahal.

Loading...