Kriteria & Resep Sarapan Pagi yang Sehat untuk Anak Sekolah

Anak Sekolah Makan

Aktivitas yang padat membuat sebagian besar orang bahkan -anak usia sering melewatkan sarapan. Padahal sarapan alias makan pagi bisa memberikan manfaat yang penting untuk keseharian seseorang.

Berdasarkan yang dilakukan oleh Universitas Florida dan Harvard, anak sekolah yang selalu mengonsumsi sarapan ternyata memiliki fungsi kognitif dan konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang sering melewatkan sarapan. Bahkan nilai-nilai pelajaran di sekolah, terutama Matematika juga disebut-sebut lebih baik daripada anak-anak yang tidak sarapan.

Manfaat dari sarapan ternyata tak berhenti sampai di situ saja. Makan pagi dapat mengurangi keinginan anak untuk jajan di luar pada siang hari yang biasanya justru menyediakan -menu tidak sehat. Dengan demikian, sarapan bisa mengurangi risiko obesitas pada anak.

Lantas seperti apa menu sarapan pagi yang sehat untuk anak sekolah? “Menu sarapan yang ideal itu semestinya bisa memenuhi 15-25% nutrisi harian,” kata Ronald E. Kleinman, M.D, dokter spesialis gastroenterologi anak serta pakar nutri di Harvard University, AS, seperti dilansir Parenting.

Ada beberapa kriteria sarapan yang ideal untuk anak sekolah, di antaranya harus mengandung cukup protein, rendak Indeks Glikemik (IG), berisi lemak ‘baik’, dan bukan jenis junk food. Setangkup roti gandum yang diolesi selai atau diisi telur mata sapi bisa menjadi menu yang cukup ideal untuk anak. “Sertakan sayuran dan -buahan, seperti pisang, apel, dan pepaya untuk sarapan,” imbuh Dr. Ruth Chan, peneliti dari Departemen Pengobatan dan Terapi, Chinese University of Hong Kong.

Asupan vitamin dan mineral dari sayur dan buah-buahan menurut Dr. Chan bermanfaat untuk memelihara kekebalan tubuh anak supaya tidak rentang terserang penyakit. Apabila anak kurang menyukai menu sayur dan buah-buahan, maka bisa disiasati dengan menyelipkannya di antara makanan favorit sang buah hati atau mengolahnya menjadi makanan lain yang lebih menarik seperti nugget sayur atau smoothies buah.

Jika tidak sempat makan di rumah, bisa juga menyiapkan menu sarapan pagi ‘on the go’ yang bisa dimakan di jalan seperti pastel kecil berisi wortel, telur rebus, daging cincang, kentang, dan sebagainya. Atau bisa juga menyediakan roti lapis isi telur dan keju yang praktis dikonsumsi selama perjalanan.

Loading...