Kokoh dan Ekonomis, Berapa Harga Besi Beton 10 mm per Batang?

Besi Beton - www.bangunharga.promo

beton, sering disebut sebagai bertulang, merupakan salah satu material yang sering digunakan sebagai pembangunan karena bahan ini lebih mudah didapat sehingga lebih ekonomis. Saat ini, besi beton hadir dalam beragam ukuran, salah satunya berdiameter 10 mm yang dengan sekitar Rp70 ribuan per .

“Besi beton adalah besi yang digunakan untuk penulangan konstruksi beton, atau lebih populer dengan sebutan beton bertulang,” tulis Besi Permata dalam resminya. “Besi ini pada dasarnya terdiri dari dua bentuk, yaitu besi beton polos atau plain bar dan besi beton ulir atau deformed bar. polos memilik penampang bundar dengan permukaan licin, sedangkan ulir memiliki permukaan berupa sirip melintang atau rusuk memanjang dengan pola tertentu.”

Di Indonesia sendiri, besi beton lebih sering digunakan sebagai konstruksi gedung bertingkat karena lebih mudah diperoleh. Selain itu, material ini juga banyak digunakan untuk jembatan, pengerasan jalan, bendungan, dinding berbahan tanah, terowongan, drainase, fasilitas irigasi, tangki, dan sebagainya. Khusus untuk gedung tingkat tinggi, besi beton digunakan untuk struktur kolom, balok, dinding, dan plat.

“Besi ini banyak digunakan karena memiliki kekuatan relatif tinggi dibandingkan bahan lain, selain tahan terhadap air dan api, struktur sangat kokoh, tidak memerlukan pemeliharaan yang tinggi, serta memiliki usia layan yang sangat panjang,” kata Besta’s Blog. “Di samping itu, besi beton merupakan satu-satunya bahan yang ekonomis untuk fondasi tapak, dapat dirakit menjadi bentuk yang sangat beragam (plat, balok, atau kolom), serta penanganan yang relatif mudah.”

Di besi, besi beton umumnya memang dijual dengan hitungan kilogram, yang saat ini berkisar Rp13 ribuan per kilogram. Namun, di beberapa toko online, ada banyak penjual yang menawarkan besi beton dalam hitungan batang, di kisaran harga Rp70 ribuan per batang untuk ukuran 10 mm dengan penampang polos.

Loading...