Klasik & Kokoh, Berapa Harga Frame Sepeda Fixie Soloist 77?

Sepeda Fixie Soloist 77 - www.tokopedia.com

JAKARTA – Layaknya sepeda pada umumnya, frame merupakan salah satu paling penting yang harus ada pada sebuah sepeda . Jika Anda membuat sepeda secara mandiri, Anda bisa mengutak-atik frame sesuai dengan keinginan Anda. Nah, apabila Anda membutuhkan frame sepeda Soloist 77, harganya di pasaran saat ini berkisar Rp700 ribu hingga Rp800 ribuan.

Memang, selain bisa dibeli secara utuh, Anda pun bisa membuat sepeda fixie secara mandiri di rumah, sehingga hasil akhir bisa sesuai dengan keinginan Anda. Sudah banyak sepeda, mall, bahkan bengkel kecil yang menjual part untuk sepeda fixie. Nah, salah satu part yang harus Anda miliki sebelum membuat sepeda ini adalah frame.

Frame sendiri bisa dikatakan sebagai bagian terpenting dari sepeda fixie. Drop out yang direkomendasikan adalah semi-horizontal, atau lebih bagusnya horizontal. Dalam merancang sepeda fixie, kebanyakan pemilik menggunakan frame sepeda balap. Selain karena mudah didapatkan, frame tersebut banyak diincar penyuka gowes.

“Sepeda fixie hanya berintikan satu frame yang bisa diutak-atik sesuai dengan keinginan pemiliknya,” ujar Fandi, sebuah komunitas fixie bernama Tremorz, dilansir Republika. “Maksudnya, sepeda ini dapat diadaptasi dengan gaya klasik, high tech, atau gaya mountain track bike (MTB) atau sepeda gunung. Tampilan sepeda itu sangat tergantung dari art atau kreativitas pemiliknya.”

Nah, jika Anda saat ini sedang bercita-cita merakit sepeda fixie, salah satu frame yang banyak direkomendasikan adalah Soloist 77. Dijual dengan sekitar Rp750 ribu sampai Rp830 ribuan, sudah termasuk headset dan set lampu, frame ini diklaim sangat kokoh dan tersedia dalam pilihan seperti merah, putih, biru muda, hijau, hingga oranye.

“Di Bandung misalnya, ada komunitas sepeda fixie yang mencari frame sepeda bekas dari tempat pembuangan sampah atau pedagang loak,” sambung Fandi. “Kemudian, dia membersihkan frame tersebut (di-amplas) dan dicat ulang. Rodanya pun beli bekas. Kalau dihitung-hitung, cuma butuh bujet di bawah Rp1 juta untuk membuat sepeda fixie.”

Loading...