Kirim Paket Motor dengan Kereta Api untuk Lebaran 2019? Ini Kisaran Harganya

Deretan sepeda motor yang akan dikirim melalui kereta apiDeretan sepeda motor yang akan dikirim melalui kereta api - www.bisniskurir.com

JAKARTA – Setiap musim , jasa pengiriman menggunakan kereta api cukup diminati, tidak terkecuali pada tahun 2019 ini. Memang, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) membuka pengiriman motor gratis, namun terbatas. Nah, bagi mereka yang kehabisan kuota, bisa memakai jasa PT Kereta Api Logistik (KALOG) atau jasa ekspedisi lain dengan atau bervariasi, tergantung motor dan rute.

Pada Lebaran tahun lalu, dikutip dari GridOto.com, salah satu pegawai PT KALOG, Raehan, menjelaskan bahwa tarif pengiriman paket sepeda motor digolongkan dalam beberapa kategori motor, apakah motor bebek, motor naked, sport fairing, atau motor gede, serta kota tujuan. Untuk motor bebek dan skuter matik, harganya berkisar Rp300 ribu hingga Rp450 ribuan untuk tujuan Jakarta-Jawa Barat, sedangkan tujuan Jakarta-Jawa Tengah di kisaran Rp450 ribu hingga Rp500 ribuan.

“Untuk motor naked dan motor sport, tarif pengiriman berbeda sekitar Rp100 ribu dari kategori lain,” jelas Raehan. “Kalau motor laki seperti naked tujuan Jakarta-Jawa Barat misalnya, tarifnya Rp350 ribu hingga Rp500 ribuan, tujuan Jakarta-Jawa Tengah sekitar Rp500 ribu hingga Rp550 ribu, sedangkan tarif motor sport berada di kisaran Rp450 ribu hingga Rp600 ribu dari Jakarta ke Jawa Barat.”

Calon pengirim juga bisa mengecek langsung kisaran tarif di situs resmi PT KALOG. Misalnya, Anda akan mengirimkan skuter matik Yamaha Mio S dengan berat isi 94 kg dari Jakarta ke Surabaya, tarif pengiriman dipatok Rp550 ribuan. Sementara, biaya pengiriman motor Yamaha R15 dengan berat isi 137 kg dari Jakarta ke Surabaya berkisar Rp750 ribuan.

Selain PT KALOG, pemilik sepeda motor juga bisa menggunakan jasa ekspedisi lainnya. Salah satu ekspedisi, PT Benny Putra, mematok harga pengiriman paket motor menggunakan kereta api tergantung kapasitas sepeda motor serta jarak tempuh pengiriman. Untuk tahun ini, ada kenaikan harga sekitar Rp50 ribu dari momen Lebaran tahun lalu.

“Range harga untuk pengiriman motor bebek dengan kapasitas mesin 50cc hingga 140cc berkisar Rp350 ribu hingga Rp450 ribu tergantung jarak, sedangkan tarif untuk motor dengan mesin 150cc ada kenaikan berkisar Rp50 ribuan,” jelas Gito, salah satu pegawai PT Benny Putra, dikutip Liputan6. “Harga tersebut bisa saja mengalami kenaikan, tergantung beberapa hal, seperti lonjakan .”

Loading...