Kirim Makanan Beku, Ini Harga/Biaya Sewa Mobil Box Freezer

Mobil Box Pendingin - www.indokaroseri.com

Jika dibandingkan dengan pada umumnya, mengirimkan beku (frozen food) ke memang menjadi tantangan tersendiri bagi banyak . Untungnya, saat ini sudah banyak rental yang menawarkan penyewaan mobil box pendingin atau freezer yang bisa melayani pengiriman antar-kota, bahkan antar-pulau. Biaya atau harga mobil box freezer ini bervariasi, tergantung durasi penyewaan.

Umumnya, kendaraan yang disewakan untuk mengirimkan makanan beku berupa mobil pick-up atau truk. Di situs e-commercer, salah satu rental mobil di Balikpapan menyewakan mobil box freezer dengan biaya sewa mulai Rp350 ribuan. Sementara, seorang pengusaha rental di Jakarta menyewakan mobil box freezer dengan biaya Rp850 ribuan untuk rute Jabodetabek dengan kapasitas hingga dua ton. Namun, ada juga rental yang menyewakan truk box freezer dengan biaya Rp1 jutaan.

Sektor makanan beku di Tanah Air memang cukup potensial. Pada tahun 2018 ini, prospek frozen food diperkirakan bisa mencapai sembilan persen, dari tahun sebelumnya yang berkisar 8,6 persen. “Potensi frozen food ini sangat besar di masa mendatang, karena makanan dan menjadi salah satu di antara sepuluh sektor andalan,” kata Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Indonesia (GAPMMI), Adhy Lukman.

Berkembangnya sektor usaha makanan dan minuman pun otomatis membawa berkah bagi penyedia jasa mobil box atau truk yang telah dilengkapi freezer. Usaha ini diklaim mampu mendatangkan omzet hingga puluhan juta rupiah, dengan pelanggan terbesar terutama berasal dari produsen es krim dan juga pengusaha .

“Untuk setiap mobil yang saya sewakan, dikenakan sewa Rp12,5 juta per bulan, dengan sewa lepas kunci atau sopir sehingga klien bebas menentukan sopir untuk mengendarai mobil,” tutur pengusaha rental bernama Yoice Wowiling, yang berdomisili di Duren Sawit, Jakarta Timur. “Omzet saya mencapai Rp30 juta dari penyewaan mobil berpendingin.”

Senada, Triana Rahmawati, pemilik UD Karya Bakti di Parung, Bogor, mengaku usaha yang ditekuninya sejak tahun 2011 lalu tersebut semakin berkembang. Jika awalnya omzet yang diraih Triana sebesar Rp10 juta per bulan, kini telah meningkat menjadi Rp25 jutaan per bulan. “Selain bulanan, saya juga menyediakan sewa mobil berpendingin secara harian atau sesuai kebutuhan pelanggan,” ujar Triana.

Loading...