Khusus untuk Pengisian Tabung Scuba, Harga Kompresor Selam Bisa Sampai Puluhan Juta Rupiah

Bauer Poseidon PE100-TB - www.alatselam.com

Selama ini mungkin sebagian orang hanya mengenal menyelam sebagai jenis bawah laut yang cukup menyenangkan. Padahal jenis atau selam ternyata ada beberapa, yakni skin diving, free diving, dan scuba diving. Masing-masing jenis diving itu konsepnya sama, memungkinkan seseorang untuk menikmati langsung seperti apa keindahan bawah laut. Perbedaan mendasar terletak pada dan kelengkapan peralatannya.

“Jika mau mengeksplor laut, melihat ikan juga karang, pilih scuba diving. Tapi jika kamu lebih ingin mengeksplor diri, temukan sesuatu tentang dirimu, that’s all about free diving,” kata instruktur free dive AIDA, Oli Christen di , seperti dilansir Kompas.

Walaupun sepintas terlihat sama dengan scuba diving, tetapi kedua teknik penyelaman ini ternyata berbeda. Free diving adalah kegiatan menyelam tanpa memakai alat bantu pernapasan, sementara itu scuba diving membutuhkan alat bantu pernapasan dan beberapa perlengkapan lainnya. “Less gear, no compressor, lebih cepat untuk bergerak,” beber Oli.

Walaupun free diving dikenal lebih menyenangkan dan menantang, beberapa orang lebih menyukai aktivitas scuba diving karena memungkinkan mereka untuk menyelam lebih dalam hingga lebih dari 20 meter. Salah satu paling vital dalam aktivitas scuba diving tentunya oksigen. Jika oksigen di dalamnya habis, scuba ini perlu diisi ulang dengan kompresor khusus selam.

Harga kompresor pengisian tabung scuba untuk menyelam cukup bervariasi, tergantung mereknya. Sebagai contoh, untuk kompresor tabung selam merek Bauer Poseidon PE100 berbahan bakar bensin harganya dibanderol Rp 60 juta, kemudian Bauer Junior II diving compressor harganya Rp 79 juta, atau ada juga yang lebih murah seperti merk Elephant PCP yang dijual dengan harga Rp 6,5 juta.

Jika membeli kompresor baru dirasa terlalu mahal, maka membeli kompresor selam kondisi seken atau bekas bisa dijadikan . Pasalnya harga kompresor pengisian tabung scuba second biasanya relatif lebih murah dibandingkan kompresor scuba baru, selain itu kondisi kompresor juga rata-rata masih bisa berfungsi normal.

Selain membeli kompresor sendiri, saat ini juga banyak isi ulang atau refill tabung scuba dengan yang cukup terjangkau. Beberapa pedagang biasanya mengiklankan isi angin tabung scuba atau tabung O2 di beberapa situs e-commerce dengan biaya atau tarif mulai dari Rp 65 ribuan.

Loading...