Khusus Dipakai untuk Pacuan, Harga Kuda Equestrian Bisa Capai Miliaran Rupiah

Kuda Equestrian - www.paulickreport.comKuda Equestrian - www.paulickreport.com

Equestrian atau pacuan kuda termasuk yang bisa dibilang cukup menguras kocek. Bagaimana tidak? Satu ekor kuda equestrian saja bisa dengan harga yang sangat fantastis, bahkan bisa melebihi harga mobil sport sekalipun. Selain itu, yang dibutuhkan untuk kuda equestrian juga tak boleh sembarangan.

“Range harga kuda bervariasi, kebetulan saat ini yang dipakai Qatar 6 juta sampai 16 juta , jadi sekitar Rp 200 miliar,” kata Konsultan International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Pulogadung, Timur, dan pengurus Federasi Equestrian Indonesia (FEI), Rafiq Radinal, seperti dilansir MSN. Rupanya ada sejumlah kriteria yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga seekor kuda pacuan, misalnya dari segi fungsionalitas, bentuk, ras, dan riwayat sejarah kuda itu sendiri.

Atlet equestrian lain yang berlaga dalam Asian Games 2018 beberapa waktu lalu, Dara Ninggar Prameswari juga mengaku bahwa harga kudanya yang berasal dari Portugal sana tidak murah. Dara menjelaskan bahwa kuda yang ia namai Commodore itu mempunyai bentuk yang berbeda dari kuda yang biasa dipakai di equestrian. Karakternya memiliki bentuk agak kecil dan pendek. “Bentuknya agak beda karena rasnya beda. Agak bantat. Itu dari tahun 2013 punya sendiri,” jelas Dara.

Lebih lanjut Dara mengatakan, 5 tahun lalu ia membeli kuda equestrian spesialnya itu dengan harga € 30 ribu yang kalau dirupiahkan bisa mencapai Rp 524 jutaan. “Kisaran harga kira-kira € 30 ribu, sekitar segitu,” ucap Dara. Sementara itu, untuk ras Arabian Horse harganya sekitar $ 100 ribu atau Rp 1,5 miliar jika dirupiahkan.

Lain lagi jika berniat menyewa. Dilansir Indosport, atau sewa 1 ekor kuda dari Eropa biayanya bisa mencapai 350 ribu euro atau berkisar Rp 6 miliar. Luar biasa sekali bukan? Angka itu masih belum termasuk dengan biaya makan, kandang, dan kebutuhan lainnya. “Mereka biasanya makan palette food, brandnya beda-beda. Mereka juga makan rumput, dry grass,” ujar Assistant Stable Manager Jakarta Internasional Equestrian Park Pulomas (JIEEP) Saskya Bingei.

Menurut di situs jual-beli online, harga satu palette food merek Royal Horse sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu per 25 kg. Bayangkan saja, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk memberi makan kuda equestrian selama 1 bulan? Pastinya bisa mencapai jutaan rupiah.

Loading...