Ketegangan di Timur Tengah Meningkat, Harga Emas Beringsut Naik

Harga Emas - menara62.comHarga Emas - menara62.com

New York emas dilaporkan menguat seiring dengan meningkatkan fokus pasar terhadap China yang dapat berisiko terhadap harga komoditas. Di samping itu, emas juga menguat karena ketegangan Timur Tengah yang telah mendorong para investor untuk mengalihkan hartanya ke aset save haven seperti emas. Tak heran jika kemudian harga emas pun sempat mencapai level tertinggi sejak April 2019.

Harga emas di pasar spot terpantau naik 0,7% menjadi USD 1.351,16 per ounce pada pukul 12.47 GMT setelah menginjak level tertinggi sejak April 2018 di posisi USD 1.358,04 pada awal sesi . Sepanjang pekan ini harga emas telah naik sebesar 0,8%. Sedangkan harga emas berjangka naik 1% ke level USD 1.356,9 per ounce.

“Konsentrasi pelaku pasar terhadap makroekonomi yang suram terutama kemungkinan AS akan segera menurunkan ,” ujar Ross Norman, Chief Executive Sharps Pixley, seperti dilansir Reuters melalui Liputan6. Para pelaku pasar membeli emas dengan harapan bahwa sentral Amerika Serikat, harus membalikkan kebijakan pengetatan moneter sebelumnya, sehingga menekan AS dan mengerek harga emas.

Sementara itu, bursa saham berjuang seiring data-data ekonomi terbaru China kembali memicu eskalasi kekhawatiran terhadap ekonomi . Di sisi lain, konfrontasi AS-Iran baru meningkat. Iran dilaporkan telah menolak tuduh AS atas serangan terhadap 2 kapal tanker minyak di Teluk Oman dan menegaskan tanggung jawabnya atas keamanan di Selat Hormuz.

“Momentum ini dapat menarik investor baru dan kemungkinan mendorong harga emas lebih tinggi,” sambung Analis BullionStar, Ronan Manly. Ronan menambahkan, hal ini akan membawa momentum untuk harga emas dan akan mendorong tingginya permintaan terhadap emas. Namun bisa juga mendatangkan lebih banyak penjualan dari Timur.

Dari dalam negeri, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk) pada perdagangan terakhir hari Jumat (14/6) kemarin terpantau naik Rp 6.000 menjadi Rp 681 ribu per 1 gram, dengan harga pembelian kembali atau buyback yang juga naik Rp 6.000 jadi Rp 610 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas 1 gram hari ini, Sabtu (15/6) untuk cetakan Antam Rp 704 ribu dan cetakan UBS harganya Rp 677 ribu.

Loading...