Ketegangan AS-China Belum Reda, Harga Emas Hari Ini Merangkak Naik

Koin dan emas batangan (sumber: Bukalapak)Koin dan emas batangan (sumber: Bukalapak)

New York – Harga logam mulia saat ini mengalami kenaikan di tengah upaya pemerintah yang menaikkan untuk sejumlah barang asal . Kenaikan tarif impor tersebut rupanya menimbulkan kekhawatiran pasar akan adanya perlambatan ekonomi global.

Adapun di pasar spot dilaporkan naik 0,2 persen menjadi USD 1.285,56 per ounce dan telah meningkat hingga 0,6 persen sepanjang pekan ini. Sedangkan emas berjangka AS berakhir menguat 0,2 persen ke posisi USD 1.287,40 per ounce. “Emas naik hari ini dan akan naik dalam jangka pendek sampai ada resolusi konkret untuk ketegangan perdagangan berkelanjutan antara Amerika Serikat dan Cina,” ungkap Rob Lutts, Kepala Investasi di Cabot Wealth Management, seperti dilansir Reuters melalui Liputan6.

Sebagai informasi, isu saat ini kembali mencuat setelah pihak AS mengungkapkan bakal menaikkan pajak barang-barang impor China senilai USD 200 miliar. Presiden Amerika Serikat pun mengaku tak akan terburu-buru untuk menandatangani kesepakatan perdagangan dengan China.

Alhasil, tensi sengketa perdagangan antara AS dan China yang memanas telah membebani pasar saham di seluruh dunia dan mendorong permintaan aset yang dianggap lebih aman oleh para investor. “Harga emas beringsut tinggi karena ketidakstabilan di pasar ekuitas,” ungkap analis INTL FCStone Edward Meir. Ditambah lagi, konflik perdagangan antara AS dan China pun dinilai bisa mendorong Federal Reserve untuk memangkas suku bunga acuannya, yang kemudian bisa mendorong kenaikan lanjutan untuk harga emas.

Tak jauh berbeda, harga emas batangan PT Aneka Tambang () Tbk hari ini, Sabtu (11/5/2019) juga mengalami kenaikan tipis sebesar Rp 500 dari Rp 664.000 menjadi Rp 664.500 per 1 gram. Sementara itu, harga pembelian kembali emas batangan alias buyback juga terpantau naik Rp 1.000 dari Rp 591 ribu menjadi Rp 592 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan UBS per 1 gramnya dijual Rp 661 ribu.

Loading...