Kerap Kunjungan ke Luar Negeri, Berapa Biaya Masuk Pondok Pesantren Jagat Arsy?

Pondok Pesantren Jagat Arsy - rabithah-maahid-islamiyah.blogspot.co.idPondok Pesantren Jagat Arsy - rabithah-maahid-islamiyah.blogspot.co.id

Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy adalah salah satu ternama berbasis yang berlokasi di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Selatan, Banten. Ponpes seluas 3,1 hektare ini terkenal lewat -program ke luar negeri alias overseas ke Singapura, Thailand, dan Malaysia serta pembelajaran Inggris secara intensif di Kampung Inggris, Pare. Sayangnya pihak Jagat Arsy tidak menampilkan secara rinci berapa masuk ponpes satu ini.

Yang jelas, calon santri baru yang berminat mendaftar di Ponpes Jagat Arsy diwajibkan membayar biaya pendaftaran serta uang pangkal. Berdasarkan informasi beberapa tahun lalu di salah satu forum, biaya sekolah di Jagat Arsy berkisar Rp 30 jutaan. Selain itu pihak Jagat Arsy juga menawarkan program diskon untuk para santri yang hasil tes-nya di atas rata-rata dan beasiswa jalur prestasi .

Pendaftaran Pesantren Jagat Arsy dibuka melalui 2 jalur, yakni Tes Bersama dan Tes Mandiri. Jadwal pelaksanaan Tes Bersama akan ditentukan oleh pihak pesantren, sedangkan untuk Tes Mandiri pelaksanaan tesnya ditentukan sendiri oleh calon santri dan nantinya akan dikonfirmasi pihak pesantren.

Sebagai informasi, Pesantren Jagat Arsy mengusung aliran (madzhab) Ahlu Sunnah wal Jamaah (Aswaja), mengikuti Imam Syafi’i khususnya di bidah fikih, asy’ariyyah-mathuridiyyah dalam bidang aqidah, Imam Ghozali dan Imam Junaid Al Baghdadi dalam bidang tasawuf, qodiriyyah-naqsyabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya dalam bidang thoriqoh.

Pesantren Jagat Arsy mengedepankan kurikulum KTSP dengan konsep kepesantrenan yang religius, intelek, cinta lingkungan, dan berwawasan internasional. “Sehingga, untuk mewujudkan visi ini kami mengolaborasikan antara keilmuan klasik dengan modern,” ujar Ami Tata, Kepala Sekolah SMP & SMA, seperti dilansir Femina.

Selain diberi pelajaran umum sesuai kurikulum internasional, para santri Jagat Arsy juga mendalami tradisi keilmuan Islam klasik dengan memperbanyak bacaan Alquran, belajar gramatikal Kitab Kuning, hingga berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Mandarin.

Sesuai dengan aturan pesantren, setiap santri yang menjalani pendidikan di Jagat Arsy diperbolehkan mendapat uang saku maksimal sebesar Rp 50 ribu. Di Jagat Arsy juga tersedia fasilitas cukup lengkap mulai dari asrama yang sekamar diisi oleh 3-4 orang, layanan laundry 2 kali seminggu, gedung yang memadai, aula, lapangan, olahraga, hingga lingkungan yang asri.

Loading...