Kerap Dipakai untuk Tangga atau Mobil, Harga Plat Bordes per Lembar Variatif

Plat bordes (sumber: fobuma.com)Lembaran pelat bordes (sumber: fobuma.com)

Bagi yang bergelut dengan dunia atau otomotif mungkin sudah tak asing lagi dengan plat bordes. Pelat yang memiliki permukaan dengan tekstur yang khas ini biasanya terbuat dari seperti besi atau bahkan . Plat bordes memiliki beragam kegunaan, mulai dari untuk area datar pada tangga atau bahkan untuk pijakan pada lantai bus atau kendaraan, dan fungsi lainnya. Plat bordes biasanya per dengan yang variatif, tergantung ketebalannya.

Adapun harga plat bordes per lembar dengan tebal 2 mm dijual Rp 417.600, tebal 2,3 mm harganya Rp 479 ribuan, tebal 3 mm Rp 610 ribuan, 3,2 mm Rp 639 ribuan, 4,7 mm harganya Rp 888 ribuan, tebal 6 mm Rp 1,1 jutaan, tebal 8 mm dibanderol seharga Rp 1,5 jutaan, dan yang tebalnya 9 mm harganya mencapai Rp 1,7 jutaan per lembar.

Bordes kerap dipakai pada area datar pada tangga untuk mengistirahatkan kaki karena tekstur permukaannya dapat mengurangi risiko terpeleset, terutama jika area tersebut berair. Bahkan kini bordes juga kerap digunakan sebagai untuk memodifikasi bagian under guard mobil, salah satunya Wuling Cortez.

Hal ini dilakukan oleh salah satu pengguna Cortez di Lampung bernama Willy. Menurutnya under guard Cortez tak terlalu tebal dan bagian bumper depan juga cenderung ceper, sehingga saat melewati jalanan berlubang kemungkinan under guard-nya akan mengalami masalah.

“Lebih-lebih kalau hujan, kan tidak terlihat tuh kubangan air. Kalau main hajar saja bisa bermasalah under guard tersebut. Jadi biasanya pengguna Wuling Cortez atau Confero di kawasan Lampung lakukan modifikasi di bagian under guard,” kata Willy, seperti dilansir Detik.

Modifikasi yang dilakukan adalah dengan melapisi atau mengganti under guard yang tadinya plastik memakai besi bordes 2.3 mm dan bordes aluminium 3 mm. Dengan demikian, kolong mesin mobil seperti bak oli, racksteer, dan kompresor AC pun menjadi lebih terjaga.

“Kita tidak buat bracket baru, ini mengikuti yang sudah ada saja (konturnya). Hanya tinggal dimur. Rata-rata pengguna Wuling di Lampung lakukan ini kok. Karena kontur jalannya kan begitu ya. Masalah harga beragam, mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 600 ribu,” pungkasnya.

Loading...