Kerap Dipakai untuk Mengeraskan Getah Karet, Harga Asam Semut per Liter Dijual Terjangkau

Asam Semut untuk Mengeraskan Getah Karet - www.merdeka.comAsam Semut untuk Mengeraskan Getah Karet - www.merdeka.com

formiat atau semut rupanya sejak beberapa tahun lalu telah digalakkan untuk digunakan sebagai pengganti cuka parah untuk mengeraskan getah karet. Penggunaan formiat (formic acid) atau yang juga kerap disebut asap ini dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan penggunaan cuka parah.

di ini masih menggunakan cuka parah untuk mengeraskan getah karet yang mereka hasilkan. Padahal cara ini sudah tidak digunakan lagi dan pusat sudah menganjurkan agar petani menggunakan asam semut atau asap asam untuk mengeraskan getah karet karena hasilnya lebih bagus dan getahnya tidak berbau,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan dan Pemasaran pada Dinas Musi Rawas, Joko Mardianto, seperti dilansir Bisnis.

Pemakaian asam semut untuk mengeraskan getah karet saat ini menurutnya telah menjadi acuan nasional sesuai dengan negara-negara tujuan karet seperti China, Jepang, dan Amerika Serikat. Negara-negara tujuan karet tersebut biasanya hanya akan membeli karet apabila memiliki mutu yang terbaik dan harga sesuai dengan pasaran dunia.

Di samping itu, para petani karet pun diimbau supaya lebih menjaga mutu karet dengan tidak mencampurkan getah karet dengan bahan-bahan lain seperti serbuk gergaji, pasir, atau sebagainya. Pihak pabrik kini lebih senang membeli karet bersih. Sementara itu, karet yang ketahuan berisi bahan-bahan pemberat timbangan biasanya tak akan dibeli.

Sebagai informasi, asam semut sendiri adalah asam karboksilat paling sederhana. Asam formiat secara alami kabarnya terdapat pada sengat lebah dan semut, oleh sebab itu dinamakan asam semut. Asam formiat (HCOOH) merupakan senyawa antara yang penting dalam banyak sintesis bahan kimia.

Hasil dari penggumpalan lateks dengan asam format dikenal memiliki tingkat kekenyalan yang baik. Adapun harga asam semut per liter di pasaran cukup murah. Biasanya 1 liter dengan kisaran harga antara Rp 45 ribuan hingga Rp 50 ribuan. Bahan kimia satu ini cukup mudah ditemukan di berbagai toko-toko bahan kimia atau sebagainya. Namun perlu diingat, harga asam semut per liter di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda.

Loading...