Kerap Dipakai untuk Green House atau Kolam Ikan, Ini Harga Plastik UV per Roll

Ilustrasi : Plastik UV yang digunakan untuk GrennhouseIlustrasi : Plastik UV yang digunakan untuk Grennhouse - plastikuv123.com

Dunia kini sudah semakin modern. Para petani mulai memanfaatkan sejumlah perlengkapan maupun barang yang dapat menunjang hasil panen. Pada greenhouse atau rumah tanaman misalnya, sudah banyak yang menggunakan perlengkapan seperti UV yang fungsinya untuk menutup bagian atap, sehingga dapat menghindarkan tanaman dari bahaya seperti guyuran air hujan atau paparan sinar UV atau matahari yang terlalu tinggi intensitasnya. Tak hanya untuk pertanian, plastik UV pun kini kerap dimanfaatkan untuk .

“Plastik UV (Ultra Violet) adalah plastik yang dilapisi bahan kimia tertentu, yang dapat melindungi dari sinar ultraviolet yang berlebihan. Atau dengan kata lain plastik ini digunakan untuk mencegah tanaman dari kerusakan tanaman akibat paparan sinar UV yang berlebihan. Selain kandungan UV protector plastik UV juga mengandung beberapa zat aditif antara lain IR, AB, EVA, dan LD. Semua zat aditif tersebut sangat berguna dalam memaksimalkan fungsi greenhouse,” kata salah satu penjual plastik UV.

“Plastik ini memiliki daya tahan yang kuat, awet terhadap aneka perubahan cuaca misalnya panas dan hujan, cukup tebal sehingga aman dari pecah atau sobek, menghemat produksi maupun renovasi pembuatan greenhouse kesayangan Anda. Plastik ini juga marak diburu oleh penggelut dunia hidroponik,” sambung penjual.

Secara umum, plastik UV dibedakan menjadi 2 macam, yaitu plastik UV 6% dan plastik UV 14%. Apabila semakin banyak kandungan UV protector-nya, maka warna plastik pun akan semakin buram atau gelap. Untuk keperluan greenhouse biasanya lebih disarankan menggunakan plastik UV 14%, sedangkan untuk penjemuran hasil panen umumnya memakai plastik UV 6%.

Plastik UV biasanya eceran per meter atau langsung 1 roll. plastik UV cukup variatif, tergantung mereknya. Namun umumnya plastik UV impor atau buatan luar negeri dijual dengan lebih mahal dibandingkan plastik UV produksi . Adapun plastik UV lokal merk Hercules dengan kandungan UV protektor 6% dijual Rp 2,3 juta per roll, sedangkan yang 14% harganya Rp 2,55 juta per roll. Lalu untuk plastik UV impor merek Vatan dari Istanbul Turki dijual pada kisaran Rp 3,3 juta hingga Rp 4,5 juta per roll untuk yang kandungan UV protectornya 14%.

Loading...