Kerap Dipakai untuk Atap, Harga Kayu Usuk 4X6 Dijual Terjangkau

Kayu Usuk - wedomartani.comKayu Usuk - wedomartani.com

hingga kini masih banyak dipakai dalam di . Penggunaan pun tak hanya didominasi sebagai mebel atau furnitur saja, tetapi juga digunakan sebagai penutup atap. yang banyak digunakan sebagai tulang rusuk atap bangunan adalah usuk atau kaso. Usuk berfungsi menerima beban dari penutup atap dan reng lalu meneruskannya ke gording. usuk sendiri bervariasi, tergantung dan jenisnya.

Harga kayu usuk glugu atau kayu kelapa ukuran 4X6 berkisar mulai dari Rp 18 ribuan hingga Rp 30 ribuan untuk panjang antara 3-5 meter. Kemudian kayu usuk sengon 4×6 dengan panjang antara 2-4 meter dijual dengan harga mulai dari Rp 7.500 hingga Rp 20.000 per batang. Satu ikat kayu usuk biasanya terdiri dari 10 batang usuk sengon.

Selain glugu dan sengon, ada pula yang menggunakan usuk dari kayu meranti, borneo, dan kamper. Harga kayu usuk meranti 4 x 6 sekitar Rp 32.500, usuk borneo Rp 28 ribuan, dan usuk kamper sekitar Rp 50 ribuan. Menariknya, kini juga banyak yang melirik penggunaan bambu dalam dunia konstruksi. Jenis bambu yang dipakai adalah bambu petung yang terkenal kuat dan tahan lama sampai puluhan .

Bambu petung kerap dipakai sebagai bahan usuk dan reng pada atap rumah. Harga usuk bambu petung dengan panjang 4-5 meter pun kabarnya relatif lebih murah dari kayu, yaitu sekitar Rp 9 ribuan saja. Sementara itu untuk reng bambu petung dengan panjang 5-6 meter dibanderol sekitar Rp 6.500 per batang. “Sekarang sudah banyak yang menggunakan bambu petung untuk reng maupun usuk. Kuat, awet, rapi dan daya tahannya bisa puluhan tahun,” kata salah satu tukang bangunan bernama Tarjo, seperti dilansir RadarCirebon.

Menurutnya bambu sudah sejak lama digunakan sebagai konstruksi bangunan, sebab bambu lebih mudah ditemui dan kualitas serta daya tahannya pun tak kalah dari kayu. “Rupanya banyak orang sudah mulai berpikir balik ke masa lalu. Pingin sesuatu yang alami, murah dan berkualitas. Bambu petung akhirnya jadi pilihan,” ujarnya.

Loading...