Kerap Dipakai Suporter Sepak Bola, Harga Jual Snare Drum Tergantung Ukurannya

Snare Drum Suporter Sepak Bola - (Youtube: amatir video)Snare Drum Suporter Sepak Bola - (Youtube: amatir video)

Dalam sebuah pertandingan , kehadiran para suporter memang cukup penting untuk menyemangati para pemain yang sedang berlaga. Hampir setiap klub dalam negeri, entah Arema Malang, Persija, hingga Persib biasanya mengandalkan supporter mereka untuk melakukan chanting dengan iringan bass atau snare .

Untuk klub Persib misalnya, dentuman pukul hampir selalu mengiringi laga klub sepak bola andalan Bandung tersebut. Alat musik mulai dari bass drum, snare, dan tom-tom biasanya ditabuh oleh beberapa bobotoh yang disebut tim tambur. Namun sayang, karena organisasi bobotoh ada banyak, terkadang bunyi irama dentuman alat musik tersebut tak terdengar kompak.

“Pengennya satu suara. Bukan menyatukan tapi mendukung bareng-bareng untuk kemajuan Persib. Karena yang utamanya itu,” kata Ketua Pelaksana Sharing Season Tambur and Chant Class, Bob, seperti dilansir Inilah.com.

Suporter lain, Albert Dragratan menambahkan, agar alat musik pukul bisa menjadi pelecut semangat, sebaiknya bunyinya lebih diharmonisasikan lagi. “Main tamburnya berbarengan. Ini bagus diawali dari alat musik pukul dulu,” beber Albert.

Menurut Albert, tak semua personel tim tambur mengetahui teknik-teknik dasar dalam menabuh drum. “Secara mereka-mereka ini bukan pemain drum aktif walaupun mungkin ada beberapa yang main drum saya mungkin akan lebih baik kalau misalnya ada groove, beat atau ada ritmik, pattern yang sederhana yang benar-benar bermainnya bisa bareng,” ucapnya.

snare drum yang kerap dipakai untuk suporter sepak bola cukup bervariasi, tergantung diameternya. Apabila makin besar, maka jualnya pun semakin mahal pula. Sebagai informasi, snare drum 10 inch dijual Rp 150 ribuan, ukuran 12 inch merk Pikollo Rp 170 ribuan, 14 inch mulai Rp 215 ribuan, hingga Rp 339 ribuan untuk merek Romeo. Lain lagi dengan bass drum, harganya relatif lebih mahal dari snare drum, bisa mencapai Rp 850 ribu untuk ukuran 26 inch.

Jika ingin lebih murah, sebagian supporter biasanya memutuskan untuk membeli snare drum bekas di pasaran yang kondisinya masih bagus. Saat ini snare drum second banyak diperjual-belikan melalui situs-situs e-commerce agar lebih mudah menjangkau secara luas.

Loading...