Kerap Dipakai Sebagai Perekat Beton, Harga Lem Calbond Dibanderol Terjangkau

ilustrasi : Penambalan beton yang retak - grid.id

Pada suatu yang menggunakan beton terkadang dibutuhkan perekat atau yang memang digunakan untuk merekatkan bentuk. beton yang ada di pasaran sebenarnya ada bermacam-macam, namun masyarakat Indonesia mungkin lebih banyak yang familiar dengan merek Calbond. beton Calbond di pasaran pun bervariasi, tergantung ukurannya.

“Calbond sangat penting untuk menyambung beton yang pengecorannya tidak bisa selesai sekaligus, sehingga pertemuan antara beton lama dan beton baru rawan terjadi keretakan,” demikian seperti dilansir dari Ilmusipil.

Lem Calbond bukan hanya dapat diaplikasikan pada beton, tetapi juga bisa diaplikasikan untuk batu bata, plesteran atau mortar, batako, dan sebagainya. Lem atau perekat beton Calbond tersedia dalam beberapa varian , yakni 1 kg yang dengan harga antara Rp 52 ribuan hingga Rp 55 ribuan, kemudian 5 kg seharga Rp 185 ribuan hingga Rp 200 ribuan, kemasan 20 kg harganya Rp 250 ribuan per jerigen, hingga kemasan 210 liter yang dibanderol seharga Rp 3 jutaan per drum.

Aplikasi lem Calbond dapat dimanfaatkan untuk beberapa tujuan, yakni sebagai perekat beton, bahan aditif, dan penambal permukaan beton yang berlubang atau keropos. Jika peruntukannya sebagai perekat beton, maka cara aplikasinya cukup mudah. Bersihkan permukaan cor beton lama yang akan diolesi lem, siram dengan air hingga bersih. Lalu siapkan campuran lem Calbond dengan perbandingan 1 Calbond : 1 air : 3 semen.

Oleskan lem Calbond pada permukaan beton hingga merata dengan menggunakan kuas atau media lainnya. Tunggu sekitar 3 menit hingga terasa lengket jika disentuh, baru kemudian bisa dilakukan pengecoran beton baru. Rata-rata 0,9 kg lem Calbond biasanya dapat digunakan untuk luasan penyambung beton sekitar 8-10 meter persegi. Misalnya saja apabila hendak menyambung beton seluas 100 meter persegi, maka lem Calbon yang dibutuhkan adalah 10 meter persegi x 0,9 kg = 9 kg.

Perkiraan tersebut hanya hitungan kasar saja. lem beton Calbond yang sebenarnya di lapangan bisa saja berubah. Produk lem beton Calbond bisa ditemukan di berbagai bangunan. Namun biasanya setiap menerapkan harga jual yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Loading...