Kerap Dipakai Pelengkap Masakan, Harga Tauge 2018 Mulai Rp 8.500 per Kg

Tauge yang berasal dari biji kacang hijau - kompas.com

Dari biji-bijian seperti hijau, ternyata bisa disulap sedemikian rupa hingga menjadi tauge yang kerap dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap suatu , entah soto, gado-gado, hingga pecel. toge per kg tahun 2018 ini masih relatif terjangkau, sekitar Rp 8.500 per kilogram untuk jenis taoge (kecambah), sedangkan untuk tauge Jepang harganya lebih mahal, mencapai Rp 14 ribu per 1 kilo.

Karena tetap dibutuhkan dari waktu ke waktu, tauge pun sampai saat ini masih bertahan. Bahkan satu keluarga di kawasan Seyegan Sleman, Yedi Prayitna mempunyai masing-masing di bidang toge.

Yedi menjelaskan bahwa setiap hari ia membutuhkan setidaknya sekitar 25 kg kacang hijau untuk membuat tauge. Usai kacang hijau itu diolah menjadi tauge, Yedi memasarkan hasil produksinya tersebut ke Kranggan, demikian pula dengan sang kakak. Berbeda dengan Yedi dan kakaknya, ibunda Yedi justru memasarkannya ke Godean Sleman.

Cara membuat toge terdiri dari beberapa tahapan. Yang pertama membersihkan kacang hijau dengan sembari disortir. Kemudian direndam antara 3-4 jam dengan menggunakan hangat. “Setelah itu masih dibersihkan lagi tahap kedua sampai airnya agak bening, lalu menjalani perendaman tahap kedua dengan waktu sekitar lima jam,” jelas Yedi, seperti dilansir KRJogja.

Jika sudah melalui tahap perendaman, maka kacang hijau tersebut ditiriskan sebentar dan ditempatkan di sebuah keranjang bambu atau tomblok dengan dilapisi daun pisang, baik di bagian bawah, samping, maupun atasnya.

Apabila kacang hijau mulai berkecambah, maka kecambah itu harus disiram rutin setiap 3 jam sekali. Dalam kurun waktu 3 hari biasanya sudah bisa dipanen tauge ukuran pendek. Namun bila ditunggu sampai 4 hari, maka akan didapatkan tauge yang berukuran lebih panjang. “Masa panen setiap tahapan antara tiga sampai empat hari. Jika setiap hari memproses kacang hijau dibuat tauge, setiap harinya akan dapat rutin memanen,” bebernya.

Yedi sekeluarga yang telah lama menerjuni usaha pembuatan tauge ini lebih senang memilih menggunakan kacang hijau berkualitas untuk pembuatan tauge meski tidak semua kacang hijau bisa berkecambah secara maksimal dan menjadi tauge berkualitas.

Loading...